Serbabisnis.com
cara menghemat uang gaji

Gaji Cepat Habis? Ikuti 3 Langkah Mudah Untuk Menghemat Gaji Kamu!!

Kamu sedang bingung karena uang dari gaji kamu habis melulu? atau kamu pusing sebab gaji cepat habis padalan belum sampai 1 bulan kedepan? dan ditambah lagi saat ini kondisi finansial kamu sedang berada dikondisi yang tidak baik? jika kamu sering melakukan hal tersebut maka kamu bisa mencoba 3 langkah mudah dari kami untuk menghemat gaji kamu.

Saat ini mungkin saja kebutuhan kamu meningkat dan pendapatan kamu tidak bertambah seiring dengan pengeluaran maka dengan hal tersebut kamu ditawarkan dua solusi yang ada. Pertama adalah mencari penghasilan tambahan yang dapat menutup pengeluaran kamu yang berlebihan atau yang kedua adalah menghemat gaji kamu tentunya dengan menekan biaya hidup dan biaya yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan.

Sadarkah kamu sebenarnya banyak orang yang mengeluarkan uang mereka tanpa mereka sadar apakah barang yang ia beli benar-benar dibutuhkan atau tidak. Mungkin kamu bisa bertanya kedapa diri kamu sendiri untuk pertama kali, berapa banyak barang yang kamu beli hanya karena warnanya yang cantik, karena ada promo ekskulif, dan sialnya lagi sebenarnya barang tersebut tidak dibutuhkan dalam saat ini. Jika kamu sering melakukan hal tersebut mulailah merubah diri untuk bisa menahan pengeluaran yang tidak terlalu berarti tersebut hal tersebut berguna untuk membentuk pribadi yang lebih baik dan sederhana tentunya.

Menghemat uang gaji tidak segampang kamu membaca artikel ini ataupun mendengarkan beberapa motivator atau orang-orang finansial yang menceramahi kamu mengenai kondisi keuangan kamu saat ini. Butuh displin dan konsisten yang sangat tinggi untuk hal tersebut. Untuk itu kamu bisa mencoba 3 langkah awal dan mudah untuk menghemat uang gaji kamu.

Cara Menghemat Uang Gaji

1. Berpikirlah Sebelum Membeli Barang/Jasa

Cara pertama untuk menghemat uang gaji kamu adalah berpikir secara bersih apakah barang/jasa yang kamu beli adalah kebutuhan utama kamu atau hanya kebutuhan sekunder saja? jika apa yang ingin kamu beli adalah kebutuhan sekunder dan tidak terlalu penting maka sebaiknya tinggalkan saja. Hal ini sangatlah sederhana namun untuk awal tidaklah mudah untuk melakukan hal tersebut. Selanjutnya ketika mental displin dan konsisten kamu dalam berhemat terbentuk maka kebiasaan yang baik akan muncul dan kamu bisa saja terselamatkan kedepannya nanti.

Misalnya saja rumah atau kamar kamu sangat kotor hari ini dan kamu merasa memerlukan sebuah jasa untuk membersihkan kamar maka hal tersebut bisa kamu ganti dengan hal yang lebih baik bukan? kamu bisa saja membersihkan kamar kamu sendiri dan uang yang digunakan untuk menggunakan jasa pembersih kamar bisa kamu investasikan atau kamu tabung untuk keperluan yang lain. Hal-hal kecil ini sebaiknya mulai diperhatikan dan kamu kembangkan.

2. Hidup Dengan Apa Adanya

Cara menghemat uang gaji yang kedua adalah hidup dengan apa adanya. Apa yang saya maksudkan disini adalah hiduplah dengan gaji kamu yang sepenuhya jangan berlebihan dan jangan kekurangan juga. Misalnya kamu punya gaji 3 juta per bulannya maka hiduplah layaknya orang dengan gaji 3 juta per bulan tidak perlu membeli barang-barang yang sangat mewah atau mahal untuk digunakan cukup barang-barang yang standar saja asal nilai gunanya tidak jauh berbeda maka hal itu adalah yang terbaik untuk kamu saat ini.

Jika kamu memiliki lingkungan atau pergaulan yang terbiasa dengan lingkungan yang mahal dan mewah maka kamu bisa mencoba beberapa alternatif lain. Ingat, jangan tingalkan pergaulan kamu atau pertemanan kamu tapi rubahlah cara kamu hidup. Misalnya saja kamu sering nongkrong dengan teman kamu di tempat A dan kamu sering beli kopi dengan harga 35 ribu maka kamu bisa mencoba memesan minuman dengan harga 10-20 ribu dengan hal tersebut kamu dapat menghemat 15 ribu dan itu sebuah langkah yang bagus untuk menghemat gaji kamu.

Saya sendiri sering melakukan hal tersebut bahkan dibeberapa kesempatan ketika saya bertemu dengan teman-teman saya, saya membawa minuman dari rumah dan itu tentunya menghemat pengeluaran saya dan uang tersebut bisa digunakan untuk berinvestasi ataupun untuk hal lainnya yang jauh lebih penting dan dibutuhkan.

3. Cobalah Berinvestasi Kecil-kecilan

Setelah kamu melunasi beberapa hutang dan kamu sudah berhasil untuk menghemat maka sisa uang tersebut bisa kamu coba untuk diinvestasikan ke beberapa aset seperti reksadana (Baca Juga: Cara Investasi di Reksadana yang Baik dan Benar) ataupun investasi di emas (Baca Juga: Tips Aman Investasi Emas) . Selain gunnanya adalah meghemat, investasi ini akan menghindarkan kamu dari beberapa pengeluaran yang sebenarnya tidak terlalu diperlukan. Tidak masalah nominal yang dikeluarkan untuk berinvestasi yang terpenting adalah kamu mulai membentuk mentalitas untuk berinvestasi dari kini.

Itulah cara menghemat uang gaji dengan 3 langkah awal versi Serbabisnis.com untuk menghemat uang gaji kamu. Semoga dengan 3 langkah mudah tersebut kamu bisa menghemat uang gaji kamu dan mulai mencoba untuk membentuk mental dan siap secara finansial lebih baik.

Source image: Pixabay.com

Teddy Juwandi

Penulis dan sekaligus juga owner di Serbabisnis.com
Berharap akan membantu orang-orang yang ingin berbisnis dan juga menyelesaikan masalah keuangan.

Add comment