Serbabisnis.com
tips aman berinvestasi

5 Tips Agar Investasi Kamu Aman Dan Lancar

Apakah kamu adalah seorang investor pemula? atau kamu saat ini sedang mencari tempat dan sarana agar bisa berinvestasi? Namun kamu takut kalau investasi kamu tidak aman? Jika kamu sedang mencari tips agar dapat berinvestasi dengan aman dan lancar maka kamu bisa berkunjung ke Serbabisnis.com untuk mendapatkan tips tersebut.

Berinvestasi merupakan cara terbaik untuk menyimpan aset kita dan tentunya untuk menyelamatkan kondisi finansial kita di masa depan. Saat ini tentunya kamu harus semakin selektif dalam memilih aset untuk diinvestasikan. Banyak jenis instrumen keuangan yang bisa kamu gunakan untuk berinvestasi. Saat ini juga banyak terjadi penipuang yang berkedok dari investasi online dengan return yang tinggi dan semacamnya. Hal ini tentunya menjadi sebuah dorongan agar kamu dapat lebih mengetahui dalam dunia investasi.

Untuk berinvestasi yang benar dan baik, serbabisnis.com memberikan tips dan trik agar kamu dapat berinvestasi dengan aman dan lancar.

Tips Agar Investasi Kamu Aman dan Lancar

1. Analisa Sisi Fundamental

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk menentukan investasi aman atau tidak adalah periksa atau analisa sisi fundamental dari perusahaan atau instrumen yang ingin kamu investasikan. Kamu bisa cek mulai dari kapan perusahaan tersebut muncul, bagaimana kinerja dari perusahaan atau instrumen tersebut, dan hal lainnya yang dapat kamu pertimbangkan untuk dipercayai.

Kamu juga bisa cek melalui beberapa berita tentang instrumen yang akan diinvestasikan. Kamu juga bisa bertanya kepada teman-teman atau orang yang sudah berinvestasi di instrumen tersebut. Jika menurut kamu sudah sangat yakin dengan pilihan kamu maka kamu dapat berinvestasi ke instrumen tersebut.

2. Temukan Aset Yang Tepat

Cek Juga Artikel Kami TentangĀ “Tips Investasi Agar Cepat Kaya”

Selain melihat faktor fundamental dari instrumen yang ingin kamu investasikan, perhatikan juga aset yang tepat dalam kamu berinvestasi. Misalnya kamu suka makan maka kamu bisa berinvestasi saham di perusahaan yang memproduksi makanan juga. Hal ini merupakan sebuah hal yang penting karena kamu setidaknya punya indikator dalam mengukur kinerja perusahaan dan produk dari perusahaan tersebut di pasar. Jika produknya banyak yang mengkonsumsi berarti kinerja perusahaan tersebut dapat dikatakan baik.

Hal tersebut berlaku bagi kamu yang ingin berinvestasi di beberapa aset. Untuk langkah awal pastikan kamu berinvestasi di aset yang tepat dan kamu ketahui dengan benar produk dari aset tersebut. Jika kamu suka dengan olahraga maka kamu bisa mencoba untuk berinvestasi di instrumen yang menghasilkan produk olahraga atau berada pada wilayah olahraga.

3. Program Jangka Panjang

Selanjutnya yang perlu kamu ketahui dalam investasi adalah masa dari investasi untuk jangka panjang. Jika kamu ingin berinvestasi pertimbangkan dalam 2 tahun lebih untuk menentukan kualitas aset yang akan kamu investasikan. Tujuan kamu berinvestasi adalah program jangka panjang, jadi kamu harus memprediksi apakah 2 tahun atau lebih aset ini akan menguntungkan atau malah merugikan buat kamu.

Jika kamu punya pemikiran berinvestasi dalam jangka waktu 1 bulan, 3 bulan, atau jangka waktu dekat lainnya maka kamu bisa merubah pemikiran kamu menjadi seorang trader daripada menjadi seorang investor karena kedua hal tersebut jelaslah berbeda.

4. Ketahui Tanggal Penting

Langkah selanjutnya yang perlu kamu ketahui adalah menentukan tanggal penting dalam berinvestasi. Dalam dunia investasi ada tanggal-tanggal penting yang harus kamu perhatikan. Mulai dari tanggal kapan yang paling menguntungkan dalam berinvestasi atau sebaliknya. Kamu bisa cek hal tersebut dalam beberapa informasi yang bisa kamu dapatkan dari riawayat transaksi perusahaan tersebut.

Lihat Juga “Ayo Coba Invesetasi di P2P, Pasti Lebih Menguntungkan…”

5. Buat Rencana Jelas

Tips terakhir untuk berinvestasi adalah buat rencana keuangan yang jelas. Apakah kamu berinvestasi untuk biaya pendidikan, hari tua, atau yang lainnya. Jika kamu ingin berinvestasi maka sebaiknya kamu membuat rencana keuangan yang jelas. Perhatikan juga tenor ketika kamu ingin mengambil hasil dari investasi kamu, jangan terlalu jauh dan jangan terlalu dekat. Tentukan sendiri tanggal dan tahun yang ideal menurut kamu.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar kamu dapat berinvestasi dengan aman dan lancar. Semoga dengan artikel ini kamu dapat berinvestasi dengan baik.

Source Image: Pixabay.com & Freeimages.com

Teddy Juwandi

Penulis dan sekaligus juga owner di Serbabisnis.com
Berharap akan membantu orang-orang yang ingin berbisnis dan juga menyelesaikan masalah keuangan.

Add comment