Serbabisnis.com
usaha hidroponik di rumah

7 Alasan Kenapa Usaha Hidroponik Rumahan Harus Segera Dimulai

Apakah saat ini kamu sedang berencana untuk membangun sebuah bisnis? Atau saat ini kamu sedang berencana untuk membangun usaha hidroponik rumahan? Namun kamu masih bimbang dalam membangun usaha hidroponik rumahan ini? Jika kamu masih bimbang kami akan memberikan 7 alasan kenapa kamu harus mulai usaha hidroponik rumahan ini sesegera mungkin.

Usaha hidroponik rumahan tentunya menjadi sebuah hal yang baru dan banyak peluang di bisnis ini. Banyak sekali orang yang sudah sukses dan meraih untung di bisnis ini. Sebelum kamu memulai bisnis ini pastikan dulu bahwa kamu memang menyukai kegiatan dalam bercocok tanam dan bagian lainnya. Jangan sampai kamu sudah menekuni bisnis ini tapi nantinya malah tidak cocok karena tidak menyukai atau tidak minat di bisnis ini. Untuk itu pastikan terlebih dahulu bahwa kamu sudah minat di bisnis ini.

Sayur hidroponik akhir-akhir ini menjadi solusi bagi para rumah tangga yang tidak mengkonsumsi sayur dipasar karena tidak diketahui kualitasnya. Sayur hidroponik jelaslah berbeda kualitasnya dengan sayur-sayur yang ada di pasar. Sayuran hidroponik ditanam dengan kualitas tinggi dan sistem yang terjaga sehingga sayur yang tumbuh juga akan menghasilkan kualitas dan manfaat yang bagus. Bagi kamu yang ingin memulai usaha hidroponik rumahan ini namun masih meragukan usaha ini maka kamu bisa melihat 7 alasan kenapa kamu harus memulai usaha hidroponik rumahan ini.

7 Alasan Kamu Harus Memulai Usaha Hidroponik Rumahan

1. Mudah Dikembangkan

Salah satu alasan kenapa kamu harus segera memulai usaha hidroponik di rumah ini adalah karena bisnis ini mudah dikembangkan. Kamu tidak perlu repot-repot untuk memantau tanaman yang sedang kamu kembangkan. Cukup dirawat dan dijaga selama beberapa jam saja dalam 1 hari maka kamu bisa menyelesaikan beberapa urusan lain.

Untuk pengembangan tanaman ini kamu bisa mencoba untuk melihat cara mengembangkan tanaman hidroponik di youtube atau di google. Kamu juga bisa mendapatkan beberapa referensi lengkap mengenai usaha hidroponik rumahan ini melalui buku ataupun ebook yang lengkap.

2. Modal Kecil

Salah satu keuntungan mendirikan usaha hidroponik rumahan adalah modal yang relatif kecil. Kamu bisa memulai bisnis ini dengan modal 500rb. Dengan modal tersebut tentunya kamu mendapatkan lahan dan tanaman yang terbatas.

Jika kamu punya modal yang banyak sebaiknya kamu memulai bisnis hidroponik di rumah ini dengan modal yang kecil dahulu setidaknya kamu harus terbiasa dan punya pengalaman yang banyak barulah membangun usaha hidroponik rumahan dengan lebih besar.

Baca Juga Tentang Tips Sukses Membangun Usaha Hidroponik Rumahan

3. Banyak Yang Sukses

Salah satu alasan kenapa kamu harus memulai usaha hidroponik rumahan ini adalah karena sudah banyak kisah sukses yang terkait dari bisnis ini. Jika kamu melihat beberapa proses wawancara atau beberapa kisah yang dituliskan di internet, maka kamu bisa melihat bahwa mereka rata-rata banyak yang sukses di bisnis ini.

Memulai bisnis hidroponik rumahan memanglah tidak gampang. Kamu memerlukan usaha lebih agar kamu bisa sukses di bisnis ini. Jika kamu perhatikan usaha hidroponik rumahan ini maka kamu akan menemukan banyak kesulitan di awal.

Memang begitulah untuk membangun sebuah bisnis, akan banyak halangan dan rintangan di awal. Mulai dari tidak ada pembeli, tanaman yang gagal panen, dan banyak lainnya. Namun hal tersebut jangan dijadikan sebuah alasan untuk kamu tidak memulai bisnis ini sebab setiap bisnis ada resikonya dan jadikan hal tersebut sebagai sebuah motivasi. Selalulah berpikiran positif agar bisnis kamu bisa lancar terus menerus.

4. Tidak Perlu Tempat Luas

Salah satu keuntungan lainnya adalah tempat yang diperlukan secukupnya saja. Artinya jika lahan untuk hidroponik bisa berdiri di tempat tersebut maka tempat tersebut sudahlah cukup. Kamu tidak perlu sampai menyewa lahan ataupun tempat agar bisa memulai bisnis ini diawal.

Jika usaha hidroponik rumahan kamu sudah ramai pembeli dan membutuhkan lahan atau tempat yang lebih luas maka barulah kamu menyewa tempat untuk usaha hidroponik ini. Jika masih baru-baru sebaiknya gunakan tempat yang ada di rumah untuk menekan biaya tempat.

5. Peluang Usaha Tinggi

Selain ke-empat hal tadi peluang usaha hidroponik rumahan ini termasuk peluang bisnis dengan tingkat yang cukup tinggi. Bayangkan saja dengan harga yang tidak terlalu jauh dari harga sayuran di pasar dan kualitas sayuran hidroponik sangat baik maka konsumen akan lari untuk membeli sayuran hidroponik ini.

Selanjutnya kamu bisa melihat bahwa masyarakat sekarang sudah mengerti tentang kesehatan dan tentunya faktor yang menentukan bagi kesehatan seseorang salah satunya adalah makanan. Jadi peluang makanan sehat ini tentunya menjadi peluang yang besar dan kamu bisa masuk ke pasar ini sebelum pasar ini semakin ramai nantinya.

6. Banyak Jenis Tanaman Yang Bisa Dikembangkan

Salah satu keunggulan dan alasan kenapa kamu harus memulai usaha hidroponik rumahan ini adalah banyak jenis tanaman yang bisa kamu kembangkan di rumah.  Mulai dari selada, sawi, tomat, mentimun, dan cabe bisa kamu kembangkan di sistem hidroponik ini. Selain itu kamu bisa mencoba untuk mengemas hasil dari tanaman ini sehingga penjualan akan semakin menarik dan mendapatkan harga yang baik.

Selain itu kamu bisa memanfaatkan tanaman yang mahal seperti cabe dan selada untuk dijual. Untuk menanam tanaman tersebut kamu bisa mencoba untuk membuka youtube dan membaca beberapa buku untuk referensi menanam tanaman tersebut.

Cek Juga Tulisan Kami Mengenai Cara Menabung Untuk Membeli Rumah

7. Tanpa Pestisida

Usaha hidroponik rumahan memanglah sangat berkualitas. Salah satu yang menyebabkan tanaman tersebut sangat berkualitas adalah tanaman tersebut bisa hidup tanpa menggunakan pestisida. Inilah sebenarnya rahasia dari sayuran hidroponik. Sayuran yang sehat dan segar tanpa pestisida. Hal tersebut merupakan sebuah nilai jual yang tinggi. Jika ada yang mengatakan tanaman hidroponik sangat mahal maka sepertinya orang tersebut belum mengetahui kualitas dari tanaman hidroponik ini.

Manfaatkan situasi ini dengan menyebarkan informasi tentang kekurangan dari pestisida kepada masyarakat dan beritahu apa keunggulan dari tanaman hidroponik. Banyak yang menggunakan cara ini namun perlu diperhatikan juga target pasar yang diincar.

Itulah 7 alasan kenapa kamu harus memulai usaha hidroponik rumahan sesegera mungkin. Jika sudah banyak pelaku pasar dari tanaman hidroponik ini maka bisa jadi harga sayuran di hidroponik bisa berkurang dan sebelum saat itu terjadi berbisnislah sekarang sebab pelaku bisnis ini belum terlalu banyak. Semoga dengan artikel ini kamu mau mulai usaha hidroponik rumahan dan dapat menjalankan usaha ini dengan baik dan lancar.

Source image: Pixabay.com

Teddy Juwandi

Penulis dan sekaligus juga owner di Serbabisnis.com
Berharap akan membantu orang-orang yang ingin berbisnis dan juga menyelesaikan masalah keuangan.

Add comment