Serbabisnis.com
cara berhemat uang bulanan

Yuk, Ketahui Cara Mudah Berhemat Uang Bulanan

Apakah saat ini pengeluaran bulanan kamu sangat tinggi? bahkan karena terlalu tinggi kamu sampai berhutang untuk menutupi pengeluaran bulanan kamu? untuk itu saat ini kamu sedang mencari cara berhemat uang bulanan? atau cara menghemat uangĀ  bulanan? jika kamu sedang mencari solusi dari masalah tersebut maka kamu sudah tepat mengunjungi Serbabisnis.com karena pada kesempatan kali ini kami akan mencoba untuk membuat beberapa strategi agar kamu dapat berhemat uang bulanan.

Berhemat merupakan sebuah cara untuk menyusun pengeluaran yang lebih baik. Berhemat bukan berarti kamu adalah seseorang yang pelit, melainkan berhemat adalah karena kamu ingin menyelamatkan masalah finansial kamu dan mendapatakan finansial yang lebih baik kedepannya. Banyak orang yang salah mengerti tentang konsep berhemat. Mereka cenderung menyamakan antara hemat dengan pelit. Jika kamu ingin berhemat maku kamu bisa mulai dengan esensi bahwa berhemat adalah menekan biaya-biaya yang tidak penting, seperti biaya jalan-jalan dengan teman, biaya makanan yang terlalu tinggi, atau bahkan membeli barang-barang yang sebenarnya tidak di perlukan. Agar hal ini lebih jelas kamu bisa membaca Cara Berhemat Uang Bulanan di bawah ini.

Cara Berhemat Uang Bulanan

1. Hemat Beda Dengan Pelit

Sebelum kamu benar-benar berhemat maka kamu harus bisa membedakan antara hemat dengan pelit secara jelas. Jika kamu tidak ingin atau menahan diri untuk membeli barang-barang yang sebenarnya kamu butuhkan atau tidak ada lagi alternatif dari barang yang ingin dimiliki maka kamu bisa disebut dengan pelit. Sebaliknya, jika kamu membeli barang-barang yang kamu butuhkan dengan selektif dengan mempertimbangkan nilai gunanya maka kamu sedang melakukan penghematan.

Jadi sebelum kamu benar-benar melakukan penghematan yang cukup tinggi kamu harus mengerti benar mengenai konsep tersebut dan setelah hal tersebut kamu bisa melakukan penghematan.

2. Hitung Secara Detail Pengeluaran Kamu

Langkah selanjutnya untuk berhemat uang bulanan adalah hitung pengeluaran yang dibutuhkan selama 1 bulan ke depan. Kamu harus bisa memperhitungkan berapa dana yang kamu butuhkan untuk uang makan, transportasi, pulsa, dan tentunya uang-uang lain yang dibutuhkan untuk melengkapi kebutuhan hidup kamu.

Jika kamu pusing dan bingung menentukan perhitungan secara detail kamu bisa melakukan cara ini. Kamu bisa membagi uang bulanan kamu dengan konsep 70:30, 70% untuk uang hidup termasuk uang makan, transport, dan segala kebutuhan hidup kamu. 30% untuk investasi, tabungan, dana darurat, sedekah, dan uang modal. Cara ini sudah banyak dilakukan oleh beberapa orang yang sukses secara finansial dan menurut kami cara ini cukup efektif untuk digunakan.

Jika kamu ingin berinvestasi kamu bisa mempelajari investasi di Reksadana di link berikut ini >>> “Investasi di Reksadana Dengan Modal Kecil”

Bagaiamana jika kondisi saya sangat terpuruk sehingga 70% dari uang bulanan saya tidaklah cukup untuk 1 bulan ke depan. Jika kondisi seperti ini kamu bisa merubah konsep tersebut menjadi 80:20 atau 90:10. Hal yang terpenting disini adalah sisakan sekian persen untuk diinvestasikan sebab investasi sangatlah penting untuk menyelamatkan kehidupan finansial kamu nanti kedepannya.

Contohnya jika kamu punya uang bulanan sebesar 1 juta per bulan maka 700rb digunakan untuk kebutuhan hidup kamu selama 1 bulan ke depan dan sisanya 300rb untuk digunakan investasi, sedekah, dan uang lainnya. Jika kamu merasa uang 700rb kurang untuk 1 bulan maka kamu bisa merubah dengan 900rb untuk biaya hidup dan 100rb untuk investasi. Jika masih merasa berat untuk biaya hidup juga berarti standar hidup kamu harus diturunkan, jika kamu benar-benar ingin berhemat hiduplah sesuai dengan pendapatan kamu bukan dengan gaya hidup kamu saat ini sebab itulah yang akan menyelamatkan kondisi finansial kamu nantinya.

3. Belilah Barang-Barang Yang Benar Dibutuhkan

cara ke-3 untuk berhemat uang bulanan adalah membeli barang-barang yang dibutuhkan. Manusia sebagai mahluk hidup tentunya memerlukan kebutuhan utama seperti sandag, pangan dan tempat tinggal. Penuhi dulu kebutuhan utama tersebut barulah penuhi kebutuhan yang mendukung hidup untuk saat ini seperti pulsa, bahan bakar, ataupun biaya transportasi lainnya.

Pernahkah kamu membeli barang-barang yang sebenarnya tidak ada gunanya dan terlebih lagi tidak dibutuhkan untuk hidup kamu? Kebanyakan mereka yang ingin berhemat selalu mengatakan diawal-awal bahwa mereka akan berhemat namun beberapa hari kemudia mereka mulai melakukan tindakan yang melanggar konsep berhemat tersebut, salah satunya adalah membeli barang-barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Jika kamu punya kebiasaan tersebut maka sebaiknya kamu mulai membiasakan diri untuk mengurung niatan tersebut.

4. Kurangi Semua Biaya Yang Berlebihan

Langkah selanjutnya untuk berhemat uang bulanan adalah mengurangi beberapa biaya yang sebenarnya tidak perlu. Misalnya saja saat ini kamu sering naik sepeda motor untuk ke warung yang sebenarnya dekat dari rumah, ada baiknya kamu mulai merubah sikap kamu dengan berjalan kaki sebab itu akan mengurangi konsumsi bahan bakar untuk sepeda motor dan kamu akan lebih hemat dalam membelanjakan uang bulanan kamu.

Misalnya juga kamu bisa menekan biaya di alat mandi atau beberapa pembersih ruangan. Umumnya jika nilai gunanya sama maka kamu bisa membeli barang tersebut. Jika kamu melihat sebuah pembersih ruangan A yang mahal dan sangat bagus dengan pembersih ruangan B yang harganya standar dan cukup baik untuk membersihkan ruangan maka sebaiknya kamu memilih pembersih ruangan B sebab nilai guna dari kedua hal tersebut adalah sama yang membedakan adalah hasil yang tidak terlalu jauh dan produk B sudahlah cukup untuk kebutuhan utama manusia.

Hal-hal kecil tersebut harus mulai diperhatikan agar proses berhemat kamu dapat berhasil. Selain permasalah sepeda motor mungkin kamu bisa memperhatikan beberapa biaya yang ada pada kuota internet, gym, listrik, air, alat mandi dan barang-barang belanjaan tertentu.

Cek Juga Artikel Mengenai Cara Mudah Menghemat Gaji Bulanan

5. Konsisten Dengan Konsep Yang Sudah Dibuat

Jika kamu sudah membuat konsep-konsep dan memperhitungkan segala macam pengeluaran yang diprediksi 1 bulan ke depan maka kamu hanya harus konsisten dengan apa yang sudah kamu terapkan. Usahakan jangan melanggar cara penghematan yang sudah kamu buat sebab itulah yang akan menentukan apakah penghematan kamu akan berhasil atau tidak.

Selanjutnya jika kamu merasa ada beberapa hal yang tidak sesuai dengan prinsip penghematan kamu maka kamu bisa mengubah prinsip-prinsip tersebut dan tinggal saja disesuaikan dengan gaya bagaimana kamu dapat berhemat.

Itulah artikel mengenai Cara Berhemat Uang Bulanan. Semoga dengan artikel tersebut kamu dapat menghemat uang bulanan kamu dan dapat melakukan investasi kecil agar kamu mendapatkan manfaat dari uang kamu sendiri.

Source image: Pixabay.com

Teddy Juwandi

Penulis dan sekaligus juga owner di Serbabisnis.com
Berharap akan membantu orang-orang yang ingin berbisnis dan juga menyelesaikan masalah keuangan.

Add comment