Serbabisnis.com
cara menghemat uang jajan sekolah

Cek, 4 Cara Efektif Untuk Menghemat Uang Jajan Sekolah

Apakah saat ini kamu sedang menjalani program menabung dan oleh karena itu kamu berencana untuk menghemat uang jajan di sekolah kamu? atau kamu ingin membeli sebuah barang dan oleh karena itu kamu menghemat uang jajan kamu? jika kamu sedang berencana untuk melakukan hal tersebut maka kamu perlu membaca artikel ini hingga selesai karena di sini kamu akan diberikan beberapa tips oleh Serbabisnis.com tentang cara menghemat uang jajan sekolah.

Menabung merupakan sebuah hal yang penting untuk alasan finansial masa kini ataupun di masa depan. Tidak bosan-bosannya ketika kamu berada di Sekolah Dasar guru dan orang tua kamu mengingatkan kamu untuk menabung uang jajan kamu. Sebenarnya dalam menabung ada satu hal yang penting yang perlu kamu ketahui yaitu esensi dari menabung. Menabung bukanlah masalah seberapa banyak uang yang harus kamu tabung tapi melainkan mengorganisir uang kamu dengan menyisakan sebagiannya untuk ditabung. Jumlah uang yang ditabung tidaklah terlalu penting yang terpenting adalah mentalitas menabung yang harus dibentuk sejak dini.

Selanjutnya jika kamu sedang berada di bangku sekolah untuk saat ini maka solusinya kamu harus mengetahui cara menghemat uang jajan sekolah untuk menabung atau untuk disisakan untuk pengeluaran yang lainnya. Jika kamu ingin mengetahui beberapa cara menghemat uang jajan sekolah maka kamu bisa mengikuti beberapa cara ini.

Cara Menghemat Uang Jajan Sekolah

1. Bawa Bekal dan Air Minum Dari Rumah

Ketika saya masuk ke sekolah tepatnya di SMP dan SMA saya cenderung membawa bekal ke sekolahan dan tentunya membawa air minum. Kedua hal tersebut sangatlah penting sebab di sekolah godaan terbesar kamu adalah jajan di kantin, untuk mengatasi kedua hal tersebut kamu bisa membawa bekal dari rumah dan tentunya jangan lupa membawa air minum.

Saya tahu kalau misalnya beli di sekolahan air minum bisa dibeli dengan harga lima ratus perak, namun dalam program untuk menabung seberapa perak uang tersebut sangatlah penting untuk disimpan. Untuk itu selalu hargai uang kamu dan selalu ingat tentang program kamu menabung untuk apa.

2. Kurang Jajan di Kantin

Cara menghemat uang jajan selanjutnya adalah kurangilah jajan di kantin. Jajan di kantin memang punya sensasi tersendiri terlebih lagi kamu jajan dengan teman-teman kamu. Jika bisa cobalah untuk mengurangi kegiatan untuk jajan di kantin sebab hal tersebut lah yang membuat uang jajan kamu cepat habis dan tentunya uang jajan kamu tidak bisa ditabung karena sudah habis.

Jika kamu ingin jajan di kantin cobalah untuk membuat sebuah skema pengeluaran uang yang harus dilakukan. Misalnya uang jajan kamu sebesar 5.000 maka coba buat sistem pengeluaran yang dilakukan. Kamu bisa mencoba untukĀ  mengeluarkan 3.000 untuk dijajankan dan sisanya di tabung. Artinya kamu hanya berhak untuk jajan sebesar 3.000 dan tidak lebih dari nilai tersebut. Usahakan selalu konsisten dalam menabung sebab iniĀ  sebuah mentalitas yang sangat penting.

Baca Juga Mengenai “Cara Menghemat Uang bulanan Yang Benar”

3. Buatlah Celengan

Cara menghemat uang jajan yang ketiga adalah membuat celengan. Tampaknya cara ini agak kuno namun inilah cara terbaik untuk menabung dan membentuk mentalitas menabung. Kamu tidak perlu membeli tabungan karena itu akan menguras uang kamu lagi, gunakan saja botol bekas atau kaleng bekas yang ada sebagai wadah untuk kamu menabung. Tabunglah sisa uang jajan kamu dengan konsisten dan displin. Jangan pernah membuang 1 hari untuk tidak menabung. Jika kamu libur hari sabtu atau minggu maka kamu tidak perlu menabung di hari tersebut karena kamu tidak diberikan uang jajan.

Selanjutnya ketika kamu sudah pulang dari sekolah, langsung masukkan uang tersebut ke celengan yang kamu buat. Jangan pernah menunda untuk menabung sebab uangnya bisa saja habis dalam seketika, entah kamu jajankan atau ada keperluan lain yang sebenarnya tidak terlalu penting.

Jika tabungan kamu sudah penuh dan kebiasaan kamu sudah mulai terbentuk sebaiknya kamu membuka rekening di Bank. Buka rekening yang dikhusukan untuk anak sekolahan karena biasanya tabungan dengan rekening tersebut memang dikhususkan untuk anak sekolah dan dengan biaya administrasi yang relatif kecil.

4. Jika Memungkinkan Cari Kerja Sampingan

Untuk anak sekolah jika memungkinkan carilah pendapatan dengan melakukan pekerjaan sampingan. Hal ini berlaku untuk menambah uang tabungan kamu. Kamu bisa memulai dengan menjadi seorang tenaga pengajar bagi adik kelas kamu atau kamu bisa membuka les lainnya. Misalnya saja les gitar, desain, internet, atau hal-hal lainnya yang kamu punya skillnya. Untuk awalan kamu tidak perlu meminta biaya yang mahal bilang saja boleh bayar seiklasnya karena kamu juga masih sekolah dan saya yakin belum terlalu menguasai apa yang akan kamu ajarkan.

Beberapa teman saya di masa sekolahan juga melakukan hal ini. Ada yang bekerja di toko dari siang sampai malam, ada yang bekerja di warung makan, ada yang bekerja di pasar pula. Bahkan jika kamu inginkan saat ini kamu bisa mendaftar sebagai seorang penulis blog dengan bayaran tertentu atau kamu bisa mendaftar sebagai mitra dengan ojek online untuk mendapatkan penghasilan tambahan, tentunya hal ini bisa dilakukan jika kamu sudah punya SIM.

Ingin Tahu Usaha Yang Bagus Untuk Pemula? Silahkan Cek Di Sini.

Sedikit saran, jika kamu ingin mencari kerja sampingan hindarilah pekerjaan yang terlalu sibuk sampai kamu melupakan pelajaran dan tugas sekolah. Lalu sebisa mungkin sadarkanlah diri kamu bahwa kamu adalah anak sekolahan, tugas kamu adalah belajar dan pekerjaan sampingan hanya untuk membantu finansial kamu sebagai seorang anak sekolahan.

Itulah beberapa cara menghemat uang jajan untuk anak sekolah. Semoga dengan artikel ini kamu dapat menghemat uang jajan kamu dan menabung untuk finansial yang lebih baik nantinya.

Source image: Pixabay.com

Teddy Juwandi

Penulis dan sekaligus juga owner di Serbabisnis.com
Berharap akan membantu orang-orang yang ingin berbisnis dan juga menyelesaikan masalah keuangan.

Add comment