Serbabisnis.com
Strategi Jualan di Tokopedia

Ketahui, Cara Meningkatkan Penjualan Di Tokopedia

Kamu saat ini sedang berjualan di Tokopedia? Dan penjualan kamu tetap, menurun, atau bahkan belum ada penjualan sama sekali? Atau karena hal tersebut kamu sedang mencari cara untuk mengingkatkan penjualan di Tokopedia? Jika kamu sedang mencari hal tersebut maka kamu bisa mencoba beberapa cara yang Serbabisnis.com sarankan agar penjualan di Tokopedia kamu semakin meningkat nantinya.

Tokopedia merupakan marketplace dengan pengunjung terbanyak di Indonesia. Dengan banyaknya pengunjung peluang untuk berjualan di Tokopedia jugalah tinggi namun berdasarkan pengalaman saya pembeli dari Tokopedia cenderung mencari harga termurah dari apa yang ingin ia beli. Selain dari pembeli yang mencari harga murah pembeli di Tokopedia juga akan membeli barang mahal jika barang tersebut memang sangat berarti ataupun langka untuk dicari.

Berjualan di Tokopedia haruslah konsisten dan disiplin, paling tidak kamu harus sering-sering promosi dan melihat harga produk kamu di pasaran, jika harga kamu terlalu tinggi dari pasaran maka bisa jadi produk kamu akan susah untuk laku, tapi kalau kemurahan juga pembeli merasa khawatir sebab jika harga terlalu murah mereka akan menganggap produk kamu tidak terlalu berkualitas. Oke langsung saja ke inti artikel, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk meningkatkan penjualan di Tokopedia.

Cara Meningkatkan Penjualan di Tokopedia

1. Facebook Ads

Cara yang saya sarankan pertama adalah mempromosikan produk kamu melalui Facebook ads. Mengapa harus dari Facebook ads? sebab jika kamu beriklan dari Facebook ads peluang produk kamu untuk dibeli biasanya lebih tinggi dan untuk beriklan di Facebook Ads kamu bisa mulai beriklan dari harga 150rb dan dengan harga tersebut kamu tentunya bisa mendapatkan 1 atau 2 pelanggan tergantung dari target market dan produk kamu.

Jika kamu kesulitan untuk beriklan di Facebook ads kamu bisa mencoba beberapa jasa yang menawarkan beriklan dari Facebook ads. Biasanya mereka akan memberikan beberapa referensi target market yang sesuai untuk produk kamu, pokoknya kamu tinggal terima bersih sampai calon pelanggan datang ke kamu.

2. Google Adwords

Cara meningkatkan penjualan di Tokopedia selanjutnya adalah beriklan di Google Adwords. Saat ini Google Adwords sedang memberikan berupa kredit 450rb untuk beriklan dan itu gratis. Penawaran tersebut hanya berlaku bagi kamu yang belum pernah beriklan di Google Adwords sama sekali dan hal tersebut menjadi sebuah keuntungan bagi kamu bukan?

Jika kamu ingin beriklan di Google Adwords paling tidak kamu harus riset kata kunci agar kamu dapat memaksimalkan peluang iklan gratis dari google adwords tersebut. Saya sarankan untuk menggunakan target market yang benar-benar sudah di konsepkan. Misalkan kamu menjual produk Baju Anak kira-kira yang akan membeli produk tersebut siapa? apakah ibu-ibu, bapak-bapak atau anak-anak? jika sudah diketahui hal tersebut coba pertimbangkan lagi apa alasan orang-orang ingin beli baju anak di tempat kamu? Jika kamu sudah menemukan hal tersebut setidaknya kamu sudah punya landasan untuk beriklan dan tentunya akan membantu kamu untuk mendapatkan pelanggan yang lebih banyak ke Tokopedia.

3. Iklan Berbayar Di Tokopedia

Cara meningkatkan penjualan di Tokopedia selanjutnya adalah kamu bisa mencoba untuk beriklan di Tokopedia dengan fasilitas iklan premium dari Tokopedia. Biasanya mereka akan memberikan beberapa slot di Home Page nya sehingga iklan kamu bisa muncul di halaman depan dan peluang terbelinya produk kamu bisa jauh lebih besar.

Kamu bisa mencoba berpromosi menggunakan WhatsApp, cek Artikelnya disini : Promosi Dengan WA

Jika kamu ingin meletakkan iklan di Tokopedia maka sebaiknya kamu memperbaiki penampilan Produk-produk kamu sebab karena hal tersebut kesempatan kamu untuk mendapatkan pelanggan akan jauh lebih tinggi sebab konsumen di Indonesia suka dengan produk yang punya gambarĀ  yang menarik, lengkap, dan jelas. Serta beri intruksi produk yang lebih lengkap lagi.

4. Promosikan di Instagram Juga

Langkah ke-4 untuk meningkatkan penjualan di Tokopedia adalah mempromosikan iklan kamu di Instagram. Kamu bisa mencoba untuk membuat akun yang khusus tentang produk kamu atau kamu bisa juga menggunakan beberapa jasa artis atau seleb gram untuk mempromosikan produk kamu. Kamu bisa mulai dari 100rb atau lebih untuk menggunakan jasa mereka.

Selain dari hal tersebut ada baiknya kamu tidak melakukan spam karena itu akan membuat produk ataupun toko kamu terlihat tidak terlalu bagus. Jika kamu ingin melakukan spam sebaiknya gunakan akun palsu dan letakkan alamat link akun instagram kamu di kolom websitenya, cara ini jauh lebih baik daripada kamu langsung spam di akun orang lain.

Itulah beberapa cara promosi yang bisa kamu terapkan untuk meningkatkan penjualan di Tokopedia. Semoga dengan cara tersebut kamu dapat dengan cepat menjual produk dan meraih profit yang kamu inginkan.

Source Image: Pixabay.com

Teddy Juwandi

Penulis dan sekaligus juga owner di Serbabisnis.com
Berharap akan membantu orang-orang yang ingin berbisnis dan juga menyelesaikan masalah keuangan.

Add comment