Serbabisnis.com
cara menabung untuk beli rumah

Berikut Adalah Cara Mudah Menabung Untuk Beli Rumah Dari Usia 20an

Apakah kamu saat ini sedang punya rencana kedepannya untuk beli rumah? Atau saat ini kamu sedang mencari cara untuk menabung agar bisa membeli rumah? Jika kamu saat ini sedang berusia 20an dan ingin menabung maka kamu bisa mewujudkan hal tersebut. Pada kesempatan kali ini Serbabisnis.com akan memberikan cara menabung yang benar agar kamu dapat membeli secepat mungkin.

Rumah jelasnya menjadi sebuah kebutuhan utama untuk tempat tinggal manusia. Jika tidak punya rumah maka selesailah hidup kita sebagai manusia sebab tidak ada tempat berlindung dari cuaca dan alam yang cukup ekstrim bagi manusia. Untuk membeli rumah saat ini merupakan sebuah hal yang gampang-gampang susah. Jika kamu adalah orang yang punya disiplin untuk menabung maka kemungkinan besar kamu membeli rumah akan semakin gampang. Selain faktor menabung, faktor uang yang kamu tabung juga mempengaruhi.

Saat ini harga rumah dan tanah semakin mahal tentu hal tersebut harus diiringi dengan pendapatan yang harus juga bertambah agar bisa menutupi dan menyeimbangi hal tersebut. Jika kamu saat ini bingung bagaimana cara menabung agar bisa beli rumah maka kamu bisa mengikuti beberapa tips dari kami untuk menabung agar kamu bisa membeli sebuah rumah.

Cara Menabung Untuk Beli Rumah

Sebelum itu kita asumsikan kamu berada di usia 20 – 25 tahun dan ingin membeli rumah dengan total tabungan per bulan yang kamu sediakan adalah 500 ribu – 1 juta rupiah untuk membeli rumah. Setidaknya dengan uang tersebut kamu baru bisa membeli rumah pada 10 – 15 tahun berikutnya.

Kamu tidak perlu takut karena usia yang semakin tua kamu baru bisa membeli rumah di usia 10-15 tahun yang penting kamu ikuti konsisten cara ini maka kamu bisa menikmati hasilnya di akhir nanti. Berikut adalah beberapa cara menabung yang bisa dijadikan referensi kamu untuk beli rumah.

1. Lunasi Semua Hutang Terlebih Dahulu

Hal pertama yang harus kamu pastikan sebelum menabung untuk beli rumah adalah melunasi semua hutang terlebih dahulu. Hutang adalah sebuah hal yang wajib untuk dilunasi, baik itu hutang ke bank, teman, ataupun orang lainnya. Ada baiknya jika saat ini kamu sedang memiliki hutang maka kamu bisa menunda untuk menabung untuk beli rumah dan fokus untuk melunasi hutang-hutang tersebut karena nantinya adalah langkah yang susah untuk menabung sambil kamu melunasi hutang-hutang.

Baca Juga Artikel Mengenai “3 Langkah Mudah Untuk Menghemat Gaji Kamu”

Saya sarankan lebih baik tidak memakai kartu kredit terlalu banyak. Asal ada 1 kartu kredit dengan limit yang besar itu sudah lebih dari cukup. Jika bukan untuk keperluan usaha sebaiknya sisa kartu kredit di tutup saja walaupun banyak  penawaran dan promo lainnya yang menarik tetap saja kartu kredit itu harus dibayar dan banyak beban biaya yang harus kamu tanggung nantinya. Walaupun cash flow kamu sangat baik saya tetap menyarankan carilah 1 kartu kredit dengan limit yang besar. Itu sudah lebih dari cukup untuk kebutuhan kamu dan keluarga.

2. Buat Target Secara Terperinci

Langkah selanjutnya untuk menabung agar kamu bisa beli rumah adalah menulis target kamu secara terperinci. Mulai dari berapa harga rumah yang ingin kamu beli, berapa nilai yang bertambah ketika kamu ingin membeli rumah tersebut sebab harga rumah itu semakin meningkat maka kamu harus mempertimbangkan nilai yang berubah tersebut dan selanjutnya kamu juga harus memikirkan beban biaya jika kamu sudah tinggal di rumah yang akan kamu huni, mulai dari pajak, uang kebersihan per bulan, listrik, air, dan biaya lainnya.

Jika kamu sudah membuat hal-hal tersebut secara terperinci maka langkah selanjutnya adalah menetapkan berapa biaya per bulan yang harus kamu tabung. Setelah itu konsisten dan disiplin lah dalam menabung untuk beli rumah tersebut. Selalu sisakan dana darurat agar uang tabungan tersebut tidak tersentuh nantinya.

3. Jangan Menabung di Bank

Cara menabung selanjutnya adalah jangan menabung uang kamu di Bank. Kamu harus menabung di aset yang juga punya nilai yang bertambah misalnya kamu bisa menabung di Reksadana, Saham, ataupun kamu bisa menabung di aset yang tidak liquid misalnya Tanah, Apartemen, ataupun tempat-tempat lainnya.

Saya menyarankan jika kamu masih awam dengan istilah-istilah Reksadana, Saham, P2P atau jenis investasi lainnya maka kamu bisa mulai mempelajarinya dari sekarang. Jangan menunda-nunda untuk mempelajari jenis-jenis investasi tersebut. Ketika kamu sudah mempelajari jenis investasi tersebut segeralah menabung di jenis investasi yang kamu sukai. Saya sendiri lebih suka menabung di P2P karena biasanya lebih aman dan jenis asetnya terbuka dan transparan.

Jika kamu menabung di bank nilai uang kamu akan tetap dan malahan berkurang karena inflasi yang terjadi pada tahun-tahun selanjutnya yang akan terus menguras nilai uang kamu. Kamu bisa membandingkan nilai 1000 pada tahun 90 dengan 1000 saat ini. Mana yang lebih besar? jelas 1000 pada tahun 90. Sama halnya jika kamu menabung 100 rb untuk saat ini maka kemungkinan 10 tahun lagi 100rb tidak akan lagi berarti. Untuk itu segeralah berinvestasi sebagai aset passive income kamu. Kamu bisa bertanya-tanya ke saya di menu kontak untuk menanyakan seputar investasi.

Cek Juga Artikel “Cara Untuk Menghemat Uang Bulanan Kamu”

4. Jangan Menyentuh Tabungan Tersebut

Jika kamu sudah melakukan langkah-langkah tersebut dan secara konsisten sudah menabung untuk membeli rumah maka jangan pernah sentuh dana tersebut. Jika kamu ingin memakai dana tersebut hanya benar-benar di situasi yang tidak memungkinkan lagi misalnya tiba-tiba sakit atau ada masalah lain yang membutuhkan biaya besar namun kamu tidak punya tabungan lagi maka kamu boleh memakai dana tersebut. Jika kamu memakai dana tersebut konsekuensinya adalah jelas kamu akan semakin lama untuk mendapatkan rumah dan jika kamu sanggup kamu harus menggantinya secepat mungkin.

Itulah beberapa cara atau tips menabung untuk beli rumah. Semoga dengan cara tersebut kamu dapat membeli rumah secepatnya dan yang terpenting adalah konsisten dalam menabung. Ingatlah tidak ada cara cepat untuk memperoleh sesuatu jika cara itupun ada maka itu hanya bagian dari keberuntungan saja.

Source image: Pixabay.com

Teddy Juwandi

Penulis dan sekaligus juga owner di Serbabisnis.com
Berharap akan membantu orang-orang yang ingin berbisnis dan juga menyelesaikan masalah keuangan.

Add comment