Serbabisnis.com
tips menjadi seorang trader

Inilah 5 Alasan Utama Seorang Trader Gagal Terus Dalam Market

Apakah kamu adalah seorang trader? Dan kamu selalu gagal ketika masuk market? Atau sebenarnya psikologi trading kamu yang terganggu atau hal lainnya? Jika kamu sedang mencari alasan atau justifikasi kenapa kamu selalu kalah dalam market yang kamu masukin maka kamu bisa membaca artikel ini hingga selesai.

Alasan seorang trader gagal yang saya buat kali ini berlaku bagi kamu yang trading di saham, emas, perak, forex, ataupun binary. Banyak trader yang mengeluh kenapa selalu gagal dalam trading atau kenapa selalu kalah tersebut dan apa faktor yang menyebabkan hal tersebut, apakah karena faktor money management, faktor psikologi, atau faktor strategi yang belum matang? Jika kamu ingin tahu faktor utama yang membuat trader sering gagal ketika masuk ke dalam market maka inilah dia 5 Alasan Utama Kenapa Trader Selalu Gagal

Faktor Penyebab Trader Gagal

1. Kurangnya Pengetahuan Tentang Market

Salah satu penyebab trader gagal adalah karena ketidaktahuan tentang market yang akan dihadapi. Banyak trader yang mencoba untuk masuk ke dalam market namun tidak mengetahui dengan jelas bagaimana market berlangsung dan sifat dari market tersebut sendiri. Hal ini bisa dianalogikan kamu ingin berperang namun kamu tidak punya peta dan informasi dari medan perang, ya pasti kamu akan kalah berperang di tempat tersebut.

Untuk mengatasi ini sebaiknya kamu menahan diri untuk masuk ke dalam market dan mencari informasi lanjut mengenai market yang akan kamu hadapi. Misalnya jika kamu ingin trading di pair EUR/USD setidaknya kamu harus mengetahui informasi tentang pair tersebut, mulai dari volume trading, jam trading yang benar, dan berita apa saja yang mengerakkan pasar tersebut sampai kepada psikologi dari pair tersebut. Setidaknya ketika kamu mengetahui hal tersebut maka kamu sudah terselamatkan dari ketidaktahuan kamu tentang pair tersebut dan bisa lebih memanajemen resiko yang ada. Hal tersebut tentunya bisa kamu terapkan untuk trading di instrumen lainnya.

Lihat Juga Artikel Lainnya Mengenai “Tips Aman Trading di IQ Option”

2. Malas Belajar

Faktor selanjutnya yang membuat seorang trader gagal adalah karena sifatnya yang malas belajar. Market yang akan dihadapi setidaknya harus dicari tahu terlebih dahulu secara fundamental dan informasi yang terkait dengan lengkap, jika kamu tidak mencari tahu hal tersebut bisa dipastikan kamu akan cepat Margin Call di market yang akan kamu hadapi.

Untuk menghindari hal tersebut setidaknya kamu harus rajin membaca dan mulai membiasakan dengan teks bahasa inggris sebab informasi penting dalam market biasanya berbentuk bahasa inggris dan tentunya jarang yang ada dalam bahasa indonesia kecuali kamu masuk ke instrumen saham yang memang khusus untuk Indonesia.

3. Psikologi Yang Belum Matang

Faktor psikologi mempunyai peran kunci dalam kesuksesan seorang trader. Banyak trader yang sebenarnya belum siap secara mental dalam trading namun dipaksakan untuk trading. Memang kata siap sendiri sangatlah subjektif setidaknya kamu harus menguasai diri kamu secara benar-benar terlebih dahulu sebelum masuk ke dalam market setidaknya untuk meminimalisir resiko jangan masuk market ketika kondisi kamu sedang stress atau emosi berlebihan. Tunggu sampai kondisi kamu tenang dan siap barulah masuk ke dalam market.

Selain hal tersebut banyak sekali trader yang memaksa masuk ke dalam market karena takut ketinggalan peluang yang ada. Jika kamu ingin menjadi seorang trader yang dapat bertahan lama maka kamu harus mengetahui bahwa setiap peluang yang ada tidaklah untuk harus terus diambil ada kalanya kamu harus berhenti dan hanya memantau pasar yang ada. Ketika kamu memantau dan tidak ketinggalan market maka kamu bisa pasang posisi pada peluang tersebut.

4. Melawan Trend

Faktor yang paling utama ketika seorang trader mencoba masuk ke dalam market adalah di beli naik tapi malah turun, di beli turun tapi malah naik. Kenapa hal tersebut bisa terjadi? Hal tersebut terjadi karena kamu melawan psikologi pasar tentang trend yang ada. Kamu juga harus memperhatikan support dan resistance untuk mengetahui dimana batasan trend akan berhenti dan dimana batasan trend akan lanjut.

Untuk itu, sebelum kamu benar-benar masuk ke market coba perhatikan terlebih dahulu tentang support dan resistancenya karena ini sangat berpengaruh nantinya untuk menentukan kapan harus masuk dan kapan harus keluar. Jika kamu masih bingung menentukan support dan resistance ada baiknya kamu mempelajari dengan lengkap tersebut materi tersebut.

Cek Juga Artikel Mengenai “Tips Aman Untuk Investasi”

5. Money Management Yang Buruk

Faktor terakhir yang menurut saya bisa menghasilkan trader dalam lubang kegagalan adalah money management yang buruk. Money Management merupakan salah satu kunci penting dalam trading. Jika kamu menerapkan money management yang buruk maka habis sudah capital kamu dalam market. Money management ini berguna untuk menerapkan waktu kapan kamu harus berhenti untuk trading dan kapan kamu harus lanjut trading. Untuk itu aturlah money management yang sesuai dengan gaya trading kamu.

Itulah beberapa faktor kenapa trader selalu gagal dalam market. Semoga dengan artikel ini kamu dapat menambah referensi dalam trading dan bisa profitable setiap minggunya. Salam profit.

Source Image: Pixabay.com

Teddy Juwandi

Penulis dan sekaligus juga owner di Serbabisnis.com
Berharap akan membantu orang-orang yang ingin berbisnis dan juga menyelesaikan masalah keuangan.

Add comment