Serbabisnis.com
usaha hidroponik rumahan

Inilah 5 Tips Untuk Membangun Usaha Hidroponik Rumahan

Apakah saat ini kamu sedang berencana untuk membangun usaha hidroponik rumahan? Atau kamu sedang mencari beberapa artikel mengenai usaha hidroponik yang di bangun di rumah? Jika kamu berencana untuk membangun usaha hidroponik rumahan dan sedang membangun strategi bisnis yang tepat untuk masuk ke bisnis ini maka sebaiknya kamu memperhatikan tips yang kami berikan untuk membangun usaha hidroponik rumahan tersebut.

Saat ini usaha hidroponik rumahan menjadi trend tersendiri. Banyak kisah sukses mulai berdatangan dari usaha ini. Ada yang mendapatkan 10 sampai bahkan 300 juta dalam 1 bulan hanya dari bisnis ini. Melihat penghasilan mereka yang berbisnis hidroponik ini serasa semudah membalikkan telapak tangan namun hal tersebut ternyata tidak semudah yang kita bayangkan.

Jika kita ingin melihat hasilnya mungkin akan sangat menggiurkan namun ketika kita mengetahui perjuangan awal mereka untuk membuka usaha hidroponik rumahan ini mungkin kita akan mulai mengatakan hal tersebut sulit atau bahkan mencoba untuk mencari bisnis lainnya. Jika kamu ingin serius di bisnis ini kamu bisa mencoba untuk mulai menghitung-hitung modal yang diperlukan dan mencoba untuk membuat strategi agar kamu dapat berhasil di bisnis ini. Berikut ini adalah tips membangun usaha hidroponik rumahan.

Tips Membangun Usaha Hidroponik Rumahan

1. Riset Pasar

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah riset pasar. Untuk membangun usaha hidroponik rumahan riset pasar sangat penting.  Paling tidak kamu harus tahu siklus kerjanya, mulai dari penanaman yang membutuhkan waktu berapa hari, biaya produksi yang diperlukan, siapa yang membutuhkan tanaman ini, dan lain sebagainya.

Untuk riset pasar kamu mungkin bisa mencoba untuk membaca beberapa buku atau mencari dari internet ataupun youtube. Sekarang sangat banyak orang yang memberitahu dan membagikan ilmu tentang usaha hidroponik rumahan ini di internet. Manfaatkan hal tersebut agar kamu bisa mendapatkan pengetahuan lebih dan tentunya dengan harapan bisa melewatkan masa error yang akan kamu hadapi.

Baca Juga Mengenai Bisnis Sampingan Untuk Pekerja Kantoran

2. Kalkulasi Modal Yang Diperlukan

Tips membuka usaha hidroponik rumahan selanjutnya adalah kalkulasi modal yang diperlukan. Memang usaha hidroponik ini dilakukan di rumah namun kamu juga harus memperhatikan modal yang diperlukan untuk membeli bibit unggul, pipa, dan beberapa pupuk dan vitamin agar tanaman hidroponik kamu dapat tumbuh segar dan sehat.

Modal yang dilist harus sangat diperhatikan dan terperinci. Hitunglah semua biaya produksi yang diperlukan untuk membuat beberapa tanaman hidroponik. Jangan lupa untuk cek harga di pasaran melalui internet atau melalui beberapa kabar dari penjual lainnya. Ini merupakan hal yang penting untuk perkembangan bisnis kamu.

3. Lakukan Kerja Sama

Jika kamu punya peluang tertentu lakukanlah kerja sama dengan beberapa tempat makan atau beberapa pengusaha hidroponik lainnya. Usaha hidroponik rumahan ini akan gagal jika kamu tidak menemukan para pembeli yang akan membeli produk hidroponik kamu.

Menemukan pembeli dan melakukan kerja sama dengan waktu yang bertahan lama adalah strategi di bisnis ini. Kamu harus dapat menemukan pembeli yang ingin bekerja sama dalam waktu yang lama. Hal ini memang sedikit susah setidaknya saat ini kamu harus membangun relasi tersebut. Kamu juga bisa menawarkan produk kamu ke beberapa tempat makan atau bahkan supermarket khusus buah dan sayuran. Manfaatkanlah semua akses yang ada. Ingat dalam berbisnis tidak ada namanya gengsi jika kamu masih malu-malu dan gengsi sebaiknya kamu mulai merubah sikap kamu.

4. Perhatikan Luas Lahan

Hal selanjutnya yang harus kamu perhatikan dalam membangun usaha hidroponik rumahan. Usaha hidroponik rumahan juga membutuhkan lahan agar tanaman tersebut bisa dikembangkan dan dibudidayakan. Perhatikan dengan benar luas lahan yang kamu punya dan maksimalkan tempat yang ada. Kamu bisa mencoba untuk membuat sistem tempat yang bertingkat untuk tanaman hidroponik kami sehingga kamu bisa memaksimalkan tempat yang ada.

Perhatikan juga sirkulasi cahaya matahari dan udara yang ada. Jangan sampai karena tempat yang terbatas cahaya matahari dan kuantitas udara sedikit karena tanaman sangat membutuhkan hal tersebut. Selanjutnya kamu bisa mencoba untuk melihat beberapa gambar dari tanaman hidroponik dan pelajari struktur tempat yang mereka buat. Biasanya mereka akan cenderung membuat tempat yang tidak terlalu lebar namun cukup tinggi untuk dijangkau.

Cek Juga Artikel Kami Tentang Usaha Rumahan Dengan Modal Kecil

5. Mencari Rekan Bisnis

Jika kamu ingin membuka usaha hidroponik rumahan maka langkah selanjutnya yang harus kamu tempuh adalah mencari orang yang sama dengan kamu. Maksudnya adalah orang tersebut juga membuka usaha sama seperti apa yang kamu lakukan. Kenapa hal ini menjadi penting? Katakanlah kalian berdua bersaing dengan sehat. Sewaktu-waktu ada yang ingin membeli sayur di tempat kamu dan ternyata sedang kosong dan rekan bisnis kamu ada sayurnya. Kamu bisa memanfaatkan hal ini dengan menjadi pihak ketiga yang menemukan antara penjual dan pembeli. Atau kamu bisa mengatakan bahwa dia adalah rekan bisnis kamu dan kamu meminta komisi dari penjualannya.

Jangan pernah menjadikan saingan kamu sebagai musuh utama jadikanlah mereka rekan bisnis kamu atau teman kamu sebab itu akan memperluas jaringan kamu, bisa sajakan kamu dan rekan bisnis kamu mengembangkan bisnis ini lebih besar lagi dan meraih keuntungan dengan jauh lebih besar. Semua kemungkinan tidak tertutup dikondisi seperti ini.

Itulah beberapa tips mengenai usaha hidroponik rumahan yang bisa kamu pertimbangkan untuk membuka usaha hidroponik rumahan atau bahkan bisa kamu jadikan pembanding dengan strategi  bisnis kamu saat ini.

Source Image: Pixabay.com

Teddy Juwandi

Penulis dan sekaligus juga owner di Serbabisnis.com
Berharap akan membantu orang-orang yang ingin berbisnis dan juga menyelesaikan masalah keuangan.

Add comment