Serbabisnis.com
alasan trader selalu kalah

Inilah Alasan Kenapa Kamu Kalah Terus di IQ Option

Apakah saat ini kamu sedang mencoba menjadi seorang trader di IQ Option? Atau kamu menjadi seorang trader di binary option? Jika kamu adalah salah satu dari seorang trader apakah kamu ketika trading selalu mengeluh karena selalu kalah atau mengalami kerugian? Jika kamu selalu mengalami kerugia ketika trading ada baiknya kamu membaca tulisan ini untuk mengetahui kenapa kamu selalu rugi atau kalah di IQ Option atau binary trading.

Banyak trader pemula yang baru masuk ke dunia trading merasa bahwa strategi yang ia kuasai adalah strategi yang sangat tepat dan biasanya strategi tersebut digunakan langsung ke dalam akun demo dan biasanya berhasil namun ketika diterapkan di akun real strategi tersebut mengalamai kegagalan. Lantas kenapa hal tersebut bisa terjadi? apa ada yang salah dengan strateginya? atau yang salah adalah seorang trader yang terlalu rakus? Berikut ini adalah alasan kenapa seorang trader selalu gagal.

Alasan Kenapa Trader Selalu Kalah

1. Tergesah-gesah

Salah satu alasan kenapa trader selalu kalah adalah faktor tidak sabaran dan tergesah-gesah. Hal ini merupakan faktor psikologi dalam trading namun tidak dipungkirin bahwa banyak trader yang gagal karena terlalu tergesah-gesah dalam mengambil sebuah keputusan yang akan diambil.

Hal ini juga terjadi kepada saya, ketika menemukan strategi baru tidak sabar ingin langsung mempraktekan. Ketika sudah diterapkan ternyata dalam akun real strategi tersebut gagal. Ketika menganalisa pergerakan harga juga tidak sabaran karena terlalu ingin menerapkan strategi yang baru tersebut.

Jika kamu biasanya terburu-buru dalam mengambil sebuah keputusan sebaiknya kamu menahan posisi yang akan kamu ambil karena biasanya sesuatu yang tergesah-gesah dalam mengambil keputusan akan menghasilkan keputusan yang kurang menyenangkan. Untuk itu mulailah berlatih untuk bersabar dan lakukan analisis dengan matang terlebih dahulu.

Baca Juga Artikel Mengenai Tips dan Trik Membaca Candle Stick

2. Trading Di Banyak Pair

Jika kamu ingin menjadi seorang trader yang sukses sebaiknya kamu mulai untuk trading di 1 pair. Jangan trading di banyak pair bahkan 2 sekalipun lebih baik jangan. Ketika kamu trading lebih dari 2 pair kamu akan kehilangan konsentrasi dalam menganalisis. Sehingga ketika hal tersebut terjadi biasanya para trader akan pusing dan kehilangan analisis yang lebih akurat maka hasilnya akan rugi atau loss.

Jika kamu adalah pemula atau trader yang baru dalam dunia trading lebih baik mencoba akun demo terlebih dahulu dan mencoba pair EUR/USD untuk awalan. Pergerakan EUR/USD tidak terlalu fluktuatif sehingga akan lebih jelas untuk memprediksi pergerakan harganya. Kamu juga bisa mencoba untuk melatih analisa kamu dengan beberapa indikator yang akan membantu seperti RSI, Stoch, dan garis MA.

3. Jangan Terlalu Sering OP

OP atau open position, sering kali banyak trader yang baru melakukan banyak OP pada waktu yang singkat dalam 1 pair dan ini mennjadi hal yang sangat tidak dianjurkan. Jika kamu adalah seorang trader dalam binary ketika membuka OP dalam 1 sesi sebaiknya setelah sesi tersebut selesai tunggu 10 atau 15 menit agar pikiran kamu jernih dan dapat menganalisa lebih akurat lagi nantinya.

Banyak trader yang terlalu sering OP karena pada OP sebelunya ia mangalami kekalahan dan melakukan kompensasi kekalahan. Ketika hal tersebut terjadi sebenarnya pikiran kamu sedang tidak singkron dengan pasar yang ada. Emosi kamu akan mulai tidak stabil dan akhirnya kamu hanya akan mendapatkan kekalahan di akhir. Untuk itu jangan terlalu sering OP dalam market. Lebih baik dalam 1 jam OP 1 – 3 kali jika kamu adalah seorang trader binary.

Jika kamu adalah seorang trader forex sebaiknya jangan menggunakan lot yang terlalu besar jika tujuan kamu adalah scalping. Scalping bukanlah hal yang bisa dilakukan oleh seorang pemula dengan gampang. Banyak pertimbangan yang harus dilakukan oleh seorang scalper. Mulai dari ketahanan modal, analisis, sampai ke psikologi trading.

4. Emosi Tidak Stabil

Seorang trader banyak yang gagal juga karena emosi yang sedang tidak stabil. Jika seorang trader tidak stabil biasanya dia akan gelisah ketika mengambil sebuah posisi dalam trading dan jelas selanjutnya hasil yang didapatkan akan tidak sesuai dengan yang diharapkan oleh para trader. Baiknya ketika emosi tidak siap untuk trading jangan dipaksakan untuk masuk ke pasar, tidak setiap waktu harus digunakan untuk trading, sisakanlah waktu untuk ketenangan batin, bersantai, atapun berkumpul dengan teman-teman kamu.

Jika kamu sudah punya emosi yang stabil barulah trading. Jadi ya sesuaikan waktu trading dengan psikologi kamu. Ingat jangan pernah memaksakan diri untuk trading ketika kondisi mental belum siap atau terganggu oleh gangguan sekitarnya. Jangan memaksakan diri ya teman-teman…

Cek Juga Halaman Mengenai Tips Trading di Serbabisnis.com

5. Pahami Resiko

Seorang trader banyak yang bertanya tentang resiko dan setiap orang jelas tidak ingin rugi atau menanggung resiko sebab itulah sifat alami dari manusia. Sebelum kamu mulai masuk ke akun real pahami setiap resiko atas keputusan yang kamu ambil. Ketika kamu deposit US$ 100 maka kamu harus siap kehilangan US$ 100 tersebut. Begitu juga dengan saat-saat trading.  Ketika kamu OP dengan Bid $3 misalnya maka kamu harus siap kehilangan sebesar $3 juga.

Trading bukanlah cara cepat dalam menghasilkan uang sebab dalam trading kamu harus tau bahwa resiko bisa sangat tinggi dan sanggat rendah tergantung dari manajemen keuangan kamu dalam trading dan bagaimana strategi kamu untuk meminimalisir resiko tersebut. Dalam trading lebih baik konsisten 5% dalam 1 hari daripada 1 hari mendapatkan profit 100% lalu esok hari kamu malah loss semuanya. Jadi sekali lagi pahami benar-benar mengenai resiko trading.

Itulah beberapa 5 alasan kenapa banyak trader yang gagal dan kalah ketika ingin mencoba berdagang di binary atau IQ Option. Semoga dengan artikel ini kamu dapat memilih strategi yang lebih baik lagi untuk dicoba nantinya. Salam profit.

Source Image: Pixabay.com

Teddy Juwandi

Penulis dan sekaligus juga owner di Serbabisnis.com
Berharap akan membantu orang-orang yang ingin berbisnis dan juga menyelesaikan masalah keuangan.

Add comment