Serbabisnis.com
modal untuk buka warkop

Inilah Modal Yang Diperlukan Untuk Buka Usaha Warkop

Apakah saat ini kamu sedang berencana untuk membuka usaha warkop? Atau kamu sedang berencana untuk berbisnis tapi belum tahu bisnis apa? Jika kamu sedang mencari perhitungan tentang biaya untuk buka usaha warkop atau warung kopi maka kamu bisa melihat artikel ini untuk mengetahui biaya yang diperlukan untuk membuka usaha warkop ini.

Menjadi seorang pengusaha dengan menjadi seorang karyawan memanglah sangat jauh berbeda. Menjadi seorang karyawan artinya mengabdi dengan perusahaan dan mendapatkan pendapatan yang tetap setiap bulannya. Menjadi seorang pengusaha berarti bekerja keras untuk diri kita sendiri sebab pendapatan akan sangat tergantung dari berapa banyak kerja keras yang dilimpahkan dalam usaha kita.

Menjadi seorang pengusaha berarti berani untuk menangung selaga resiko dari apa yang kita kerjakan dan bersiap untuk bertarung dan bersaing secara sehat. Membuka usaha warkop bukanlah sesuatu yang gampang. Butuh modal yang lumayan besar dan tempat yang strategis. Berikut ini merupakan modal yang diperlukan kamu untuk membuka usaha Warkop.

Modal Untuk Buka Usaha Warkop

Sebelum kamu membuka usaha warkop kita harus list terlebih dahulu biaya apa saja yang diperlukan untuk membuka warkop ini. Untuk membuka usaha warkop ini kita bisa membagai menjadi beberapa bagian untuk dipertimbangkan sebagai modal. Yakni, tempat untuk berjualan, meja & kursi, peralatan dapur, bahan makanan dan minuman, dan peralatan makan.

1. Sewa Tempat

Untuk membuka usaha warkop setidaknya kamu harus punya tempat untuk sewa tempat atau jika kamu ingin menekan biaya ini kamu bisa berjualan di tempat rekan atau saudara lainnya. Untuk menyewa tempat yang layak setidaknya kamu harus mengeluarkan biaya sewa setidaknya 2-3 juta per bulan atau untuk mendapatkan biaya sewa lebih murah kamu bisa menyewa dengan tenor per tahun. Untuk kesempatan kali ini kita akan mencoba untuk mengasumsikan bahwa biaya sewa tempat untuk per bulan.

Jika bisa carilah tempat yang strategis misalnya dekat dengan kampus, sekolah, atau tempat-tempat yang ramai yang berpotensi untuk mendapatkan pembeli lebih. Biasanya tempat sewa seperti itu akan memberikan harga sewa yang lebih mahal. Disinilah tantang kamu, bagaimana cara mencari tempat sewa yang murah tapi tempat tersebut berpotensi untuk mendatangkan pembeli. Silahkan dicari…

Baca Juga Artikel Lainnya Tentang “Bisnis Sampingan Yang Cocok Untuk Pekerja Kantoran”

2. Meja & Kursi

Untuk membuka usaha warkop maka kamu memerlukan meja dan kursi agar orang-orang bisa duduk dan menikmati kopi yang ada. Untuk harga meja mari kita asumsikan Rp.150.000,- per unit. Untuk membuka usaha warkop setidaknya kamu membutuhkan 6 meja. Untuk 1 meja dibutuhkan 4 kursi setidaknya kamu membutuhkan 24 kursi untuk itu, kita asumsikan 1 kursi untuk warkop dibutuhkan biaya Rp.50.000,-. Total biaya yang dibutuhkan untuk membeli meja dan kursi berarti dibutuhkan Rp.2.100.000,-

Jika kamu ingin mencari harga lebih murah lagi maka kamu bisa mencoba untuk mencari meja dan kursi bekas. Tentunya kamu akan menghemat biaya lebih murah untuk mendapatkan meja & kursi dan dapat untuk membeli hal lainnya.

3. Peralatan Dapur

Modal yang diperlukan selanjutnya untuk membuka usaha warkop adalah peralatan dapur. Hal ini meliputi saringan, panci, kuali, tempat untuk merebus air, gas, kompor, dan yang lainnya. Untuk peralatan dapur kita asumsikan membutuhkan dana Rp.1.500.000,- dan sudah melengkapi semua peralatannya.

Untuk spesifikinya kamu mungkin bisa langsung cek di Tokopedia untuk alat-alat yang ada. Tokopedia menawarkan harga yang lebih murah untuk saat ini setidaknya ini menjadi kesempatan kamu untuk mendapatkan harga yang lebih murah sehingga modal kamu mungkin bisa lebih kecil lagi nantinya.

4. Bahan Makanan dan Minuman

Untuk bahan makanan dan minuman, setidaknya kamu membutuhkan 10 macam dan 10 jenis minuman untuk membuka usaha warkop ini. Dengan variasi tersebut maka setidaknya kamu bisa mendapatkan 20 jenis menu dan hal tersebut bisa kamu tawarkan kepada pelanggan kamu nantinya.

Jika kamu belum menemukan variasi makanan dan minuman yang akan di jual sebaiknya kamu perbanyak riset dan perbanyak untuk mencoba makanan dan minuman baru. Untuk modal bahan mentah makanan dan minuman setidaknya kamu memerlukan biaya Rp.1.500.000,- untuk stok makanan dan minuman yang akan dijual.

Cek Artikel Kami Tentang “5 Usaha Rumahan Yang Menjanjikan”

5. Peralatan Makan

Modal untuk buka usaha warkop selanjutnya adalah peralatan makan. Peralatan makan ini mengacu pada sendok, garpu, sumpit, piring, mangkok, dan juga gelas. Semua itu setidaknya harus tersedia dalam 24 paket. Untuk membeli semua peralatan makan tersebut setidaknya kamu memerlukan biaya Rp.750.000,- untuk membeli peralatan makan.

Dengan biaya seperti itu setidaknya kamu bisa membeli peralatan makan standar dan masih terlihat bagus untuk pelanggan kamu nantinya.

Total Modal Untuk Buka Usaha Warkop

Total modal yang diperlukan adalah sebagai berikut ini.
1. Sewa Tempat: Rp.3.000.000,- per bulan
2. Meja & Kursi: Rp.2.100.000,-
3. Peralatan Dapur: Rp.1.500.000,-
4. Bahan Makanan dan Minuman: Rp.1.500.000,-
5. Peralatan Makanan: Rp.750.000,- 

Total Modal yang diperlukan adalah Rp.8.850.000,- .Perhitungan tersebut dengan asumsi yang tetap artinya biaya bisa saja berubah tergantung dari harga yang disediakan saat ini. Selanjutnya kamu juga harus membayar sewa tempat dan juga bahan makanan dan minuman yang akan cepat habis dan menyusut nantinya.

Itulah modal untuk buka usaha warkop yang diperlukan. Harga bisa saja berubah-ubah sesuai dengan harga di pasar namun dengan adanya artikel ini setidaknya kamu mendapatkan informasi lebih mengenai modal untuk buka usaha warkop yang diperlukan.

Source Image: Pixabay.com

Teddy Juwandi

Penulis dan sekaligus juga owner di Serbabisnis.com
Berharap akan membantu orang-orang yang ingin berbisnis dan juga menyelesaikan masalah keuangan.

Add comment