Serbabisnis.com
tips menabung untuk pelajar

Khusus Pelajar, Dengan Menabung Rp.10.000,- Per Hari Kamu Bisa Buat Modal Usaha!!

Apakah kamu adalah seorang mahasiswa/i untuk saat ini? Lalu kamu juga adalah seorang pelajar yang suka berbisnis? Ingin berbisnis tapi tidak punya modal? Atau kamu ingin berencana untuk menjadi seorang pengusaha atau entrepreneur muda? Jika kamu memang punya rencana seperti itu maka kamu harus membaca sampai akhir untuk tips menabung bagi pelajar dengan Rp.10.000,- per hari maka kamu bisa buka modal usaha.

Sebelumnya saya mengasumsikan bahwa pelajar disini adalah seorang pelajar SMA atau seorang mahasiswa/i jadi rentang waktu perkiraan untuk menabung adalah 3 tahun. Menabung merupakan sebuah sikap dan tentunya harus dijadikan sebagai sebuah gaya hidup agar kamu bisa mengatur masalah keuangan dengan baik nantinya.

Pada saat ini mencari pekerjaan adalah sebuah hal yang sulit dan juga semakin susah untuk mencari pekerjaan bagi seorang pemula. Jika adapun kita harus menggandalkan rekan terdekat kita agar bisa bekerja disebuah tempat. Persaingan semakin tinggi dan tentunya keterampilan yang dibutuhkan juga harus semakin tinggi. Sebagai seorang pelajar kenapa kamu tidak mulai berpikir untuk berbisnis dan membuka usaha sendiri? Jika kamu sudah punya pikiran tersebut namun terkendala karena modal maka kamu bisa menggunakan strategi ini untuk mendirikan usaha dengan modal yang kamu tabung sendiri. Berikut ini tips dan trik menabung untuk modal usaha sendiri bagi pelajar atau mahasiswa.

Tips Menabung Bagi Pelajar.

Dalam tips dan strategi ini saya mengasumsikan kamu berinvestasi dalam 3 tahun. Artinya selama 3 tahun kamu harus menabung 10.000 per harinya. Kamu harus menabung konsisten Rp.10.000,- per hari dan uang tersebut tidak boleh digunakan untuk hal lainnya. Hal ini berlaku agar kamu displin dalam menabung. Selanjutnya dalam masa menabung tersebut kamu mencari pengalaman dan menambah keterampilan untuk membuka usaha.

1. Tabung di Reksadana Pasar Uang

Salah satu cara untuk menyelamatkan uang tabungan kamu adalah menabung di reksadana pasar uang. Kenapa harus di reksadana? reksadana menawarkan sarana investasi dengan resiko yang rendah dan ini sangat cocok bagi kamu yang berinvestasi jangka panjang dengan resiko rendah.

Jika kamu hanya menabung saja dan tidak menggunakan reksadana maka kamu hanya akan mendapatkan Rp.10.800.000,- selama 3 tahun karena tidak ada bunga yang menyokong nilai tabungan kamu hal itu belum lagi di potong dengan nilai inflasi per tahun dari penurunan nilai mata uang rupiah.

Jika kamu menabung di reksadana pasar uang setidaknya kamu bisa mendapatkan return per tahun sampai 10% dan jika dikalkulasikan maka kamu akan mendapatkan Rp.12.773.819,- selama 3 tahun menabung.

Ketika kamu tamat dari sekolah setidaknya kamu sudah siap untuk membuka usaha, bisnis, atau menjadi seorang entrepreneur muda dengan modal tersebut.

Baca Juga Artikel Tentang Cara Menghemat Uang Bulanan Ampuh!!

2. Konsisten Tabung Rp.10.000,- per hari

Untuk menabung di reksadana minimal haruslah 100.000 untuk sekali tabung untuk itu kamu harus menahan 10.000 tersebut di dompet kamu atau kamu bisa nitip ke orang tua kamu dan setiap 10 hari sekali kamu bisa setor uang kamu ke rekening yang sudah disediakan di Reksadana sendiri.

Jika kamu konsisten menabung selama 3 tahun maka kamu bisa mendapatkan Rp.12.773.819,- dengan asumsi 10% return yang didapatkan per tahun.

Jika kamu ingin buka akun reksadana maka kamu bisa buka Bareksa.com atau berkunjung ke beberapa bank yang menyediakan untuk berinvestasi di reksadana ini. Silahkan cari tempat agar kamu bisa berinvestasi di reksadana secepatnya.

3. Pelajari Berbisnis Selama 3 Tahun

Selama kamu menabung kamu juga harus meningkatkan kemampuan dan pengetahuan kamu tentang bisnis. Selama mempelajari hal tersebut kamu bisa sambilan bekerja dengan orang lain untuk memahami pasar yang akan kamu masukin nantinya. Buat juga konsep bisnis seperti apa yang akan kamu kerjakan dengan modal itu sehingga perencanaan kamu akan semakin matang nantinya.

Selama 3 tahun, hal-hal yang kamu persiapkan menjadi sangat penting. Jangan menunda-nunda untuk belajar berbisnis dan membaca buku tentang bisnis, investasi, atau bahkan menjadi seorang trader sekalipun. Perbanyak relasi dan komunikasi dengan orang-orang baru yang berbobot, mungkin saja mereka akan membantumu kedepannya nanti. Pelajari juga tentang softskill seperti bahasa inggris, desain basic, berkomunikasi, berbicara di depan umum, menyatakan pendapat, dan hal lainnya yang akan membantu kamu dalam menjalankan bisnis kamu.

Saya mengerti bahwa kuliah atau belajar di sekolah sangat berat namun ketika kamu selesai dari sekolah atau dunia perkuliahan jangan sampai kamu tidak punya arah dan tujuan untuk hidup nantinya. Untuk itulah tips dan strategi ini dibuat agar kamu bisa mulai merencanakan apa yang akan kamu lakukan kedepannya. Tips dan strategi ini memang dikhusukan untuk berbisnis namun tidak menutup kemungkinan untuk diterapkan di hal lainnya. Mulailah disiplin dan membentuk mental menabung agar kamu dapat sukses kedepannya.

Cek Juga Tulisan Kami Tentang 4 Cara Bagus Untuk Hemat Uang Jajan

Selama menabung, belajar bisnis, dan membuat planing untuk bisnis kamu jangan lupakan juga tugas kamu untuk menjadi seorang pelajar, karena itu adalah hal yang harus kamu fokuskan untuk saat ini. Jika kamu sudah menentukan ingin berbisnis apa dengan modal tersebut maka kamu bisa mencoba untuk bekerja dengan orang lain yang punya bisnis sama dengan apa yang kamu rencanakan sehingga kamu akan lebih matang dalam menjalankan bisnis yang kamu jalankan.

Jika menurut kamu modal kamu masih kurang maka kamu bisa mencoba untuk bekerja sama dengan teman-teman kamu atau kamu juga bisa menambah jumlah uang yang di tabung misalnya 20.000 atau seberapa yang cukup untuk modal kamu terpenuhi.

Itulah beberapa tips dan strategi yang bisa kamu terapkan agar kamu ketika lulus nantinya bisa membuka bisnis atau usaha sendiri. Semoga dengan artikel ini kamu punya referensi untuk membangun bisnis dan usahamu sendiri dan yang terpenting adalah mulailah dari sekarang dan jangan menunda-nunda lagi. Kesuksesan kamu ditentukan dari kapan kamu memulainya.

 

Teddy Juwandi

Penulis dan sekaligus juga owner di Serbabisnis.com
Berharap akan membantu orang-orang yang ingin berbisnis dan juga menyelesaikan masalah keuangan.

Add comment