Serbabisnis.com
jenis usaha hidroponik

Mau Usaha Hidroponik Rumahan? Perhatikan Hal Berikut Ini!!

Apakah saat ini kamu berencana untuk membuka usaha hidroponik rumahan? atau kamu sedang memikirkan strategi bisnis yang baik untuk usaha hidroponik rumahan? Jika kamu memang sedang mencari hal tersebut maka kamu bisa membaca artikel ini hingga selesai untuk memperhatikan beberapa hal yang penting agar kamu bisa membuka usaha hidroponik rumahan.

Usaha hidroponik rumahan memang sangat menggiurkan hasilnya. Mungkin kamu sudah membaca artikel dari orang-orang yang berhasil dari usaha hidroponik rumahan dapat menghasilkan sampai 50 juta per bulannya. Usaha hidroponik rumahan tersebut tentulah tidak mudah untuk dijalankan. Banyak faktor dan usaha yang harus dilakukan ketika kamu ingin memulai usaha hidroponik rumahan ini.

Ada baiknya kamu meluruskan mindset terhadap bisnis. Jangan selalu memikirkan sebuah keuntungan yang besar diakhir. Pikirkan juga masalah dan strategi usaha hidroponik rumahan yang akan kamu buka. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus kamu perhatikan untuk membuka usaha hidroponik rumahan.

Hal-hal Yang Harus Diperhatikan Untuk Membuka Usaha Hidroponik Rumahan

1. Ketahanan Modal

Salah satu faktor yang benar-benar harus kamu perhatikan adalah ketahanan modal dari usaha hidroponik rumahan yang akan kamu jalankan. Memang benar jika modal yang diperlukan untuk memulai bisnis ini tidak terlalu besar tapi tetap saja kamu memerlukan ketahanan modal yang baik untuk memulai usaha hidroponik rumahan ini.

Ketahanan modal yang dimaksud adalah modal bebas yang dapat digunakan untuk menahan sebuah resiko bisnis. Misalnya untuk membuka usaha hidroponik rumahan membutuhkan modal sebesar 1 juta rupiah setidaknya siapkan lah dana sebesar 2 juta untuk jaga-jaga apabila ada dana yang diperlukan dari tindakan usaha yang sedang dijalankan. Misalnya kerugian, gagal panen, atau dana darurat yang dipersiapkan khusus untuk bisnis kamu.

Cek Juga Artikel Kami Mengenai Tips Membangun Usaha Hidroponik Rumahan

2. Pilih Tanaman Yang Diketahui

Jika ingin memulai usaha hidroponik rumahan ini kamu harus memperhatikan jenis tanaman dan prosedur perawatannya. Jangan sampai kamu memilih tanaman yang sebenarnya kamu tidak mengerti tentang tanaman tersebut. Sebaiknya jangan mengincar tanaman yang punya harga tinggi namun kamu tidak mengerti cara merawatnya lebih baik kamu menanam tanaman yang biasa saja tetapi kamu mengerti betul cara merawatnya.

Selain hal tersebut kamu juga harus banyak membaca atau mengikuti kelas untuk tanaman agar kamu dapat mengerti lebih lanjut mengenai usaha hidroponik rumahan ini. Jika kamu tidak punya waktu untuk mengikuti kelas-kelas yang ada kamu bisa mencoba untuk membaca buku. Saat ini banyak sekali buku tentang usaha hidroponik rumahan yang tersebar di toko buku dan internet.

3. Cari Penampung Tanaman

Hal yang perlu kamu perhatikan selanjutnya untuk membuka usaha hidroponik rumahan adalah masalah penjualan dan pemasaran. Kamu sebaiknya mulai mencari tempat penampung jika tanaman kamu sudah panen nanti. Jangan sampai tanaman kamu sudah panen namun kamu belum menemukan tempat untuk menjual tanaman tersebut.

Jika ingin mencari tempat penamung tanaman carilah dengan jarak yang dekat dan kalau bisa mulailah menguasai daerah kamu masing-masing. Kamu bisa menjual tanaman yang kamu hasilkan disekitaran rumah kamu. Jangan malu dalam mengenalkan produk sayuran yang kamu hasilkan. Berikan sedikit edukasi kepada mereka tentang manfaat dari sayur hidroponik dan sebutkan kelebihan sayuran yang kamu produksi. Kamu juga boleh mencoba untuk menjual secara pintu ke pintu tentunya kamu harus bisa menjadi seorang penjual yang ramah dalam hal ini.

4. Kualitas Bibit

Hal yang harus kamu perhatikan selanjutnya adalah memilih kualitas dari tanaman yang ingin kamu tanam. Pastikan membeli bibit unggul agar hasil semakin baik dan berkualitas. Usaha hidroponik rumahan ini memang membutuhkan waktu yang lama awalnya tapi itu bukan alasan kamu untuk tidak mencoba bisnis ini.

Selain hal tersebut pastikan juga kualitas dari tanaman selalu bagus. Jika ada beberapa daun yang mulai membusuk atau tampak tidak segar kamu bisa mulai memotong bagian yang tampak tidak bagus tersebut. Tenang saja, tanaman kamu tidak akan mati jika kamu memotong bagian yang busuk tersebut malahan hal tersebut akan semakin bagus untuk tanaman yang sedang kamu tanam.

Cek Juga Laman Tentang 7 Alasan Kamu Harus Memulai Usaha Hidroponik Sekarang…

Itulah beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum memulai usaha hidroponik rumahan ini. Selalu belajar tentang tanaman dan bagaimana cara mengatur pemasaran dari produk hidroponik ini agar kamu bisa secara konsisten memulai bisnis ini dan mendapatkan keuntungan setiap bulannya. Semoga artikel ini dapat membantu kamu untuk memulai usaha hidroponik rumahan.

Teddy Juwandi

Penulis dan sekaligus juga owner di Serbabisnis.com
Berharap akan membantu orang-orang yang ingin berbisnis dan juga menyelesaikan masalah keuangan.

Add comment