Serbabisnis.com
cara mempercepat jualan

8 Alasan Utama Kenapa Produk Kamu Tidak Laku

Apakah saat ini penjualan kamu sedang sedikit? dan kamu sedang bingung tentang bagaimana cara untuk meningkatkan penjualan tersebut? mungkin kamu sudah mencari caranya namun kamu merasa cara tersebut belum tepat? jika memang seperti itu maka kamu harus membaca tentang 8 alasan utama kenapa produk kamu tidak laku di serbabisnis.com

Setiap pengusaha ataupun pebisnis tentunya ingin mendapatkan keuntungan dari setiap penjualannya, baik produk tersebut adalah jasa ataupun barang. Lantas kenapa banyak sekali orang-orang tidak berhasil dalam bisnisnya? kenapa mereka tidak berhasil menjual produknya ke pasar? apa yang sebenarnya terjadi? ini semua akan kita bahas dalam artikel ini.

Menjadi seorang pengusaha baik itu menjual barang atau jasa tentunya tidak gampang, banyak persoalan dan permasalahan yang harus dihadapi. Tentunya dengan hal tersebut ada yang diharapkan oleh para pengusaha yaitu kerja kerasnya berbuah hasil dengan cara produknya dapat terjual. Jika kamu adalah seorang pengusaha namun produk kamu tidak laku di pasar berikut ini adalah 8 alasan utama kenapa produk kamu tidak laku di pasar.

Faktor Penyebab Produk Tidak Laku

1. Tidak Menarik Perhatian

Salah satu faktor yang harus kamu perhatikan untuk memikat pengunjung adalah membuat produk yang menarik. Kamu bisa melakukan riset sendiri dan serbabisnis.com sudah melakukan riset sederhana bahwa rata-rata orang lebih suka dengan produk yang dapat memikat perhatian untuk pertama kali dan lucunya mereka tidak penting dengan produk tersebut apa tapi hal pertama yang dipikirkan adalah produk ini memikat perhatian mereka dan ada sesuatu dorongan untuk ingin membeli produk tersebut.

Banyak pengusaha yang tidak akan sadar dengan hal ini, mereka memasarkan produk mereka di publik seperti tidak ada niat untuk jualan. Inilah penyebab produk kamu tidak akan laku dipasaran. Untuk itu benahi produk agar kelihatan lebih menarik, dinamis, dan elegan.

2. Tidak Memberikan Diskon

Ingin Tahu Bisnis Lebih Lanjut Silahkan Berkunjung ke Blog ZeZe404

Banyak para pengusaha yang tidak sadar akan hal ini. Memberikan diskon bukan berarti mengurangi pendapatan tapi melainkan menarik pengunjung dan mendapatkan lebih banyak pendapatan. Tentunya kamu harus pintar-pintar dalam mengatur harga agar dapat membuat diskon sendiri.

Berikanlah diskon khusus pada hari-hari yang khusus seperti hari lebaran, hari besar lainnya, dan juga pada akhir tahun nanti. Biasanya pada hari-hari tersebut konsumen akan lebih selektif memilih barang yang memiliki diskon yang tinggi dan tentunya ini menjadi peluang emas untuk kamu.

3. Promosi Yang Tidak Tepat

Promosi memang salah satu faktor yang paling penting dalam bisnis namun dalam mempromosikan produk yang akan dijual kamu juga harus memperhatikan pasar dari produk yang akan kamu jual. Jika kamu menjual pakaian anak maka kamu harus mempromosikan kepada orang tua bukan kepada anak-anak sebab anak-anak tentu tidak punya daya untuk membeli barang.

Tentunya selain hal tersebut kamu harus benar-benar memperhatikan pasar dari produk yang akan kamu jual. Jangan sampai kamu salah menentukan pasar untuk promosi hingga akhirnya produk kamu malah tidak laku dipasar. Setelah mempromosikan produk kamu maka sering-seringlah untuk melakukan promosi secara rutin agar produk kamu semakin laris dan banyak yang membelinya.

4. Tidak Mengetahui Produk Secara Mendalam

Cek Juga Artikel Mengenai “Peluang Usaha Hidroponik Rumahan Yang Menjanjikan”

Banyak pembeli yang sebenarnya punya peluang besar untuk membeli suatu produk namun gagal membeli karena kurangnya informasi yang mereka dapatkan sehingga mereka menyimpulkan bahwa penjual tersebut tidak mengetahui barangnya sendiri dan berganti ke toko lain yang menyediakan produk yang sama namun lebih mengerti tentang barang tersebut.

Hal ini nampaknya sangat spele karena setiap penjual hanya bertugas untuk menjual produk tersebut namun selain dari hal tersebut setidaknya kamu harus mengetahui produk tersebut secara detail agar kamu bisa menjelaskan keunggulan dan kelemahan produk tersebut dan tentunya membuat calon pembeli semakin percaya dengan pilihannya tersebut.

5. Terlalu Mahal

Dalam menjalankan sebuah usaha tentunya setiap pengusaha ingin mendapatkan untung yang besar dengan modal yang kecil namun jika kamu baru dalam membuka sebuah usaha ada baiknya jangan memberikan harga yang terlalu mahal kecuali barang tersebut memang sangat langka dan tidak ada lagi yang menjual selain kamu sendiri.

Banyak pengusaha baru yang mencoba untuk menjual barang sangat mahal dan tentunya terlalu tinggi dari harga dipasaran. Menerapkan harga yang tinggi memanglah tidak masalah namun jika pasaran dari produk tersebut adalah orang-orang yang ada pada kelas menengah ke bawah maka kurang bijak rasanya menerapkan harga terlalu tinggi.

6. Tidak Mampu Menyelesaikan Masalah

Sebuah rahasia dari bisnis adalah menjual produk yang dapat menyelesaikan masalah sehingga setiap orang akan fokus pada produk yang kamu jual. Banyak sekali orang-orang menjual barang-barang yang sebenarnya tidak menyelesaikan sebuah permasalahan namun malah menambah masalah si pembeli sehingga tentu saja itu akan memberi dampak negatif kepada pembeli.

Jika kamu ingin usaha kamu laku keras maka kamu bisa membuat masalah sendiri dan cari produk yang dapat menyelesaikan masalah kamu. Misalnya masalah seorang pelajar yang tidak bisa matematika adalah karena bosan melihat angka dan langsung tidak mengerti ketika menjelaskan sesuatu yang berhubungan dengan angka maka kamu bisa coba untuk mencari penyelesaiannya dan membuat sebuah tutorial video untuk menyelesaikan masalah tersebut. Tentunya hal tersebut membutuhkan waktu yang panjang namun paling tidak kamu dapat menyelesaikan sebuah masalah yang sangat umum untuk orang banyak.

7. Tidak Peka Dengan Kondisi Pasar

Cek Juga Artikel Lainnya Tentang “Peluang Usaha Tanah Kavling” 

Kamu perlu ketahui bahwa pasar adalah raja dan seluruh permintaan berasal dari pasar. Jika kamu tidak peka dan tidak mengerti tentang kondisi pasar yang ada maka bisnis kamu akan tenggelam dari pasar tersebut. Selanjutnya adalah tinggal menunggu waktu untuk gulung tikar pada usaha kamu.

Untuk hal tersebut pastikan dengan jelas tentang apa yang sebenarnya diminta dari produk kamu tersebut. Apakah kamu mengingkan untuk tetap berjalan lebih lama dengan bisnis kamu dengan mengikuti kemauan dari pasar atau mengingkan bisnis yang kamu bangun lebih singkat dengan melawan market. Untuk itu selalu tekankan pada satu hal dalam bisnis kamu bahwa pasar adalah trend utama untuk berbisnis jangan pernah melawan pasar kecuali kamu adalah big player maka mungkin saja untuk melawan pasar yang ada.

8. Sudah Basi

Salah satu penyebab kenapa usaha kamu tidak laku dan penjualannya tidak meningkat karena usaha yang kamu jalankan sudah tidak banyak lagi permintaannya dan ketinggalan dengan trend zaman sekarang. Untuk hal tersebut tentunya kamu harus menyesuaikan kebutuhan usaha kamu dengan zaman yang ada. Sebaiknya sebelum memulai usaha kamu juga harus bijak dalam memilih sebuah usaha jangan sampai usaha kamu berhenti hanya karena trend yang berubah-ubah. Usaha yang baik dan bertahan lama adalah usaha yang dapat menghasilkan dalam berbagai jenis pasar yang ada.

Itulah artikel mengenai 8 faktor utama kenapa produk kamu tidak laku di pasaran. Semoga dengan artikel tersebut kamu bisa lebih mengerti lagi mengenai pasar dan konsumen yang ada serta bisa meningkatkan penjualan kamu dengan memperhatikan beberapa kesalahan tersebut.

Source image: Pixabay.com

Teddy Juwandi

Penulis dan sekaligus juga owner di Serbabisnis.com
Berharap akan membantu orang-orang yang ingin berbisnis dan juga menyelesaikan masalah keuangan.

Add comment