Serbabisnis.com
tips mengatur keuangan

Perhatikan 3 Hal Sederhana Ini, Agar Keuangan Aman

Berbicara mengenai keuangan tentunya akan banyak sekali faktor yang menentukan permasalahan keuangan. Banyak sekali permasalahan yang timbul akibat uang, uang dan uang serta semua diawali dengan uang. Jika saat ini kamu sedang terkendala dengan masalah keuangan yang ada setidaknya kamu perlu memerhatikan 3 hal penting agar selalu dapat diingat dan diperhatikan ketika kamu menggunakan uang.

Saat ini setiap orang pasti memerlukan uang setidaknya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, salah satunya termasuk kamu sendiri. Penggunaan uang juga berdasarkan kontrol penuh dari pemilik uang tersebut. Artinya setiap orang yang memiliki harta atau uangnya sendiri mempunyai kontrol dan kesadaran penuh dalam penggunaan uang. Banyak sekali orang yang menyesal dalam menggunakan uang mereka pada akhirnya setelah mereka membayarkan sebuah produk yang sebenarnya mereka tidak butuhkan. Berikut ini ada 3 tips sederhana yang bisa kamu terapkan agar masalah keuangan kamu bisa aman terus menerus.

Tips Mengatur Keuangan

1. Jangan Berhutang

Salah satu tips yang perlu kamu ingat mengenai uang adalah jangan pernah berhutang. Mendapatkan uang melalui hutan memang terkesan sangat menarik sebab bisa mendapatkan uang banyak secara konstan dan akan sangat banyak gairah dan dorongan untuk menghabiskan uang tersebut. Kesalahaan utama manusia dalam berhutang adalah tidak bisa mengontrol hutang tersebut. Hutang jika dikontrol dengan baik akan menjadi senjata sendiri untuk bisnis kamu namun jika tidak dapat dikontrol maka akan menjadi pedang bermata dua.

Hal yang paling aman untuk saat ini adalah jangan berhutang sama sekali jika kondisi kamu tidak mendesak. Jangan berhutang karena kamu ingin membeli barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan sama sekali, jangan berhutang hanya karena ingin makan lebih enak atau lainnya. Jika kamu hanya punya uang seadanya maka pakailah uang itu dengan seadanya juga jangan sampai berhutang sebab sekali berhutang akan sangat susah untuk keluar dari lingkaran tersebut.

Biasakan juga diri kamu agar tidak berhutang orang lain. Jangan gengsi karena makanan yang kamu makan lebih murah ataupun gengsi karena hal lainnya. Kamu bisa melihat setiap barang/jasa berdasarkan fungsinya bukan nilainya. Untuk sementara hal itu lah yang bisa kamu lakukan. Jadi jangan sampai gengsi karena masalah uang ya…

2. Kontrol Emosi

Lihat Juga Artikel Mengenai “Tips Ampuh Menabung Untuk Liburan Ke Luar Negeri”

Tips kedua selanjutnya adalah kontrol emosi dalam mengkonsumsi sebuah barang/jasa. Kamu mungkin akan tertarik dengan berbagai promosi yang ada namun selalu ingat dengan uang yang kamu punya saat ini. Apakah uang tersebut jika digunakan membeli barang A adalah perbuatan yang bijak? apakah saya membutuhkan barang A? saya punya barang B dan masih dapat dipakai jadi kenapa saya harus beli barang A? Mungkin ketika kamu ingin mengkonsumsi sebuah barang/jasa kamu bisa memikirkan hal tersebut.

Selanjutnya untuk membantu keuangan kamu lebih aman dan terjaga, ingatlah selalu bahwa barang yang kamu inginkan dan kamu butuhkan adalah kedua hal yang berbeda. Barang yang kamu butuhkan adalah kebutuhan utama seperti makanan, minuman, pakaian, dan tempat tinggal. Kamu harus memastikan juga bahwa kamu mencari fungsi bukan nilai agar keuangan kamu tidak menipis di akhir bulan. Makan di warteg dan makan di mall sama saja, fungsinya ialah untuk bertahan hidup dan tentunya hal itu akan membuat kamu lebih tersugesti makan di warteg karena harga yang jauh lebih murah. Jadi selalu jaga emosi ketika ingin mengkonsumsi barang/jasa.

3. Sisakan Uang Untuk Investasi dan Tabungan

Tips selanjutnya adalah sisakan uang yang kamu punya untuk digunakan sebagai tabungan sendiri atau investasi. Hal ini menjadi sangat penting akhir-akhir ini sebab secara tidak langsung investasi dan tabungan ini yang akan membantu kamu dalam beberapa tahun kedepan. Anak muda saat ini sudah melek dalam pentingnya investasi dan menabung jadi tunggu apa lagi jangan sampai menyesal dikemudia hari untuk berinvestasi dan menabung.

Kamu bisa mulai mencari investasi yang menghasilkan return sampai 10% per tahunnya. Reksadana pasar uang adalah pilihan yang tepat untuk hal tersebut, kamu bisa mulai menabung dari Rp 100.000,- per bulan dengan mendapatkan return sampai 10%. Jika kamu tertarik dengan reksadana kamu bisa mencoba untuk join di beberapa tempat yang menyediakan instrumen investasi ini.

Selain reksadana kamu juga bisa mencoba program investasi lainnya. Ingatlah untuk berinvestasi di tempat yang sudah diawasi oleh OJK karena akan jauh lebih aman untuk di Indonesia. Selalu ingat juga tujuan kamu untuk menjaga keuangan selalu stabil dan konsisten sehingga kehidupan kamu niscaya kedepannya akan jauh lebih baik nantinya.

Itulah 3 tips dalam mengatur keuangan, jika kamu suka dengan artikel ini silahkan share di sosial media. Semoga dengan artikel ini kamu bisa lebih giat untuk menabung dan melek dalam masalah keuangan.

Source image: Pixabay.com

Teddy Juwandi

Penulis dan sekaligus juga owner di Serbabisnis.com
Berharap akan membantu orang-orang yang ingin berbisnis dan juga menyelesaikan masalah keuangan.

Add comment