Serbabisnis.com
sedekah

Perhatikan Hal Berikut Ini Jika Kamu Ingin Kaya Di Masa Depan!!

Saat ini adalah masa dimana dunia digital lebih menguasai kehidupan manusia dan selanjutnya manusia tergantung dengan pasti kepada dunia digital. Dunia digital biasa kita sebut juga dengan internet. Internet saat ini bahkan sama dengan sebuah nasi sebagai kebutuhan utama. Orang-orang mulai mengenal internet dan mulai menjadi sebuah trend tersendiri. Internet saat ini sudah bagaikan candu dalam masyarakat.

Seiring dengan perkembangan internet yang semakin luas dan banyak perkembangan-perkembangan yang tak kalah menarik, kita sebagai manusia mungkin akan bertanya-tanya apakah kita sebagai seorang manusia sudah siap untuk menggunakan internet dengan segala kencanggihan ini atau bahkan belum. Manusia juga banyak yang terkendala dalam sektor bisnis akibat penggunaan internet. Banyak bisnis yang semakin meningkat karena jejaring internet menghasilkan penjualan mereka meluas tetapi tidak sedikit juga bisnis yang redup akibat dari internet tersebut. Hal tersebut bukan berlaku untuk bisnis saja tapi juga berlaku pada manusia yang aktif dalam bisnis itu.

Salah satu banyak orang yang gagal dalam hidupnya adalah tidak menyusun rencana keuangan yang baik. Banyak yang gagal paham disini dan tidak mempertimbangkan berbagai hal dalam menyusun rencana keuangan. Biasanya orang-orang akan melakukan saving tetapi tidak memikirkan dampak dari saving tersebut. Jika kamu ingin kaya di masa yang akan datang maka kamu bisa memperhatikan hal berikut ini.

Cara Kaya di Masa Depan

1. Active Income

Untuk bisa membangun manajeman keuangan yang baik bagi diri sendiri maka kamu harus mencari active income terlebih dahulu. Active income ini merupakan pendapatan yang didapatkan berdasarkan hasil kerja kamu, misalnya kamu bekerja di sebuah perusahaan A dan mendapatkan gaji sebesar 3 juta rupiah, maka 3 juta tersebut masuk ke dalam active income kamu.

Jika kamu saat ini baru tamat sekolah ataupun tamat kuliah maka untuk kaya di masa yang akan datang kamu harus mencari active income terlebih dahulu. Usahakan active income dapat memenuhi kebutuhan kamu. Jika gaji kamu UMR maka biasanya kebutuhan akan sudah dapat dipenuhi sebab perhitungan UMR adalah perhitungan minimum untuk dapat hidup layak di kota yang kamu tinggalin tersebut.

Baca Juga “Peluang Usaha Terbaik di Rumah”

Jika kamu ingin menjadi seorang pengusaha maka kamu juga membutuhkan modal baik itu berbentuk pengalaman dan uang, maka kamu harus mengumpulkan kedua hal tersebut dan menjalankan usaha yang baru kamu bentuk sebaik-baiknya agar mendapatkan active income. Usahakan sebelum menjadi seorang pengusaha kamu sudah punya pengalaman di bisnis yang akan kamu adakan sehingga kamu memang akan dikenal sebagai seorang ahli dalam bisnis yang akan kamu jalankan.

Jika kamu sudah punya active income maka cobalah untuk mencari cara agar kamu dapat menambah penghasilan active income. Kamu bisa bekerja sama dengan teman kamu untuk berbisnis ataupun hal-hal lainnya untuk menambah active income kamu saat ini.

2. Passive Income

Passive income merupakan sebuah keadaan dimana kamu tidak perlu bekerja untuk mendapatkan uang karena hasil investasi yang kamu lakukan di masa lalu. Kamu bisa mendapatkan passive income melalui investasi di reksadana, saham, emas, ataupun instrumen lainnya yang bisa kamu gunakan untuk dapat berinvestasi.

Untuk hal ini tentunya kamu perlu menabung agar dana tersebut dapat dijadikan sebagai modal investasi kamu. Kamu bisa memilih aset-aset yang berguna agar investasi kamu dapat maksimal nantinya. Jika kamu adalah seorang pemula dalam dunia investasi maka kamu bisa mencoba untuk masuk kedalam reksadana. Reksadana pasar uang bisa kamu jadikan sebagai pilihan pertama dalam investasi sebab reksadana ini menghasilkan return 7 – 9% pertahun dimana reksadana pasar uang ini lebih low risk daripada beberapa instrumen lainnya. Setidaknya kamu sudah menyelamatkan nilai uang kamu dari inflasi dalam satu tahun dengan berinvestasi di reksadana pasar uang ini.

Cek Artikel Kami Tentang “Tips Investasi Di Reksadana”

Jika kamu sudah semakin mengerti dengan beberapa instrumen investasi tersebut maka kamu bisa mencoba untuk investasi di saham. Saham bisa menghasilkan return dalam 1 bulan atau bahkan dalam 1 minggu. Itu tergantung dari saham apa yang akan kamu beli dan fundamentalnya. Kamu bisa untung cepat dan juga bisa rugi cepat juga. Untuk itu belajarlah secara benar sebelum kamu masuk ke akun real untuk investasi di saham.

Kamu juga bisa mencoba instrumen lainnya seperti peer to peer landing. Investasi ini merupakan investasi yang bergerak dalam bidang pemodalan baik untuk pekerjaan atau biasanya beberapa dana tertentu. Kamu bisa menjadi seorang pemodal ataupun seorang peminjam di peer to peer landing.

3. Sisakan Dana Untuk Sedekah

Salah satu hal yang harus kamu lakukan adalah menyisahkan dana untuk bersedekah ataupun memberi kepada orang yang kurang mampu. Cara ini boleh kamu lakukan atau tidak. Untuk menghormati sesama manusia lain mungkin kamu bisa membantu mereka dengan cara memberikan uang, bantuan, ataupun barang.

Kamu saat ini bisa bersedekah dengan lebih mudah melalui internet. Kamu bisa dengan mudah untuk memberi sedekah dari internet. Kamu bisa mencoba untuk berkunjung ke kitabisa.com atau berbagai website yang menyalurkan bantuan untuk membantu orang lebih mudah.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan untuk kaya di masa depan. Ukuran seseorang kaya adalah relatif sebenarnya tapi setidaknya kamu sudah harus hidup lebih baik di masa depan dibandingkan dengan kehidupan sekarang. Untuk itu perhatikanlah beberapa hal yang sudah dijelaskan semoga dengan hal tersebut kamu sadar dengan pentingnya investasi dan mulai berinvestasi.

Teddy Juwandi

Penulis dan sekaligus juga owner di Serbabisnis.com
Berharap akan membantu orang-orang yang ingin berbisnis dan juga menyelesaikan masalah keuangan.

Add comment