Serbabisnis.com
Tips Menabung Untuk Liburan

Ingin Punya Tabungan Untuk Liburan? Simak Caranya Disini

Apakah kamu sedang mencari cara untuk dapat berliburan di akhir tahun atau di akhir bulan? Ingin menabung dari uang sendiri agar dapat liburan? Atau kamu sedang mencari artikel tentang tips menabung untuk liburan? Jika kamu sedang mencari hal tersebut maka kamu bisa simak artikel ini hingga selesai untuk mendapatkan tips menabung untuk liburan.

Setiap orang tentunya punya tempat yang ingin dikunjungi entah tempat tersebut bagus, indah, atau punya cerita yang unik sendiri. Untuk pergi ketempat yang spesial tersebut tentunya kamu harus menyiapkan beberapa dana untuk bepergian. Tentunya kamu harus mempertimbangkan banyak biaya dan waktu agar liburan kamu terasa spesial dan tentunya kamu dalam kondisi prima ketika pergi berliburan.

Jika kamu menyiapkan dana tersebut dalam waktu yang dekat atau dari uang bulanan saja maka bisa saja uang tersebut kurang untuk pergi berlibur atau malah pas-pasan, untuk itu kamu memerlukan tips menabung untuk liburan agar kamu dapat segera pergi liburan ke tempat yang kamu inginkan.

Tips Menabung Untuk Liburan

1. Rencanakan Tempat, Waktu, Dan Biaya Yang Dibutuhkan

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah tempat, waktu, dan perkiraan biaya yang dibutuhkan. Jelasnya kamu harus mencatat hal tersebut dengan jelas dalam buku, kertas, notepad, atau tempat lainnya yang bisa kamu ingat nantinya. Misalkan lokasi tempat tinggal kamu sekarang ada di Jakarta dan kamu ingin pergi ke Bali pada tanggal 20 Agustus 2020 dan biaya yang dibutuhkan untuk 2 orang sekitar 5 juta. Maka kamu bisa buat list sederhana seperti ini.

Tujuan: Bali
Tanggal Berangkat: 20 Agustus 2020
Biaya Yang Diperlukan: Rp.5.000.000,-/2 orang
Deadline Biaya: 20 Juni 2020

Nah dalam list tersebut kamu harus menulis deadline biaya yang harus dikumpulkan sebelum tanggal 20 Agustus 2020. Dalam menentukan deadline biaya yang diperlukan sebaiknya kamu buat 2 atau 3 bulan sebelum berangkat agar kamu mendapatkan harga pesawat, penginapan, dan tempat lainnya yang lebih murah.

Jika kamu ingin mendapatkan harga yang lebih murah lagi maka kamu bisa menunda liburan dan mencari promo-promo yang menarik dari agen perjalan ataupun tiket pesawat yang tersedia.

Kunjungi Juga “3 Langkah Mudah Untuk Menghemat Gaji Bulanan”

2. Tabung Uang Yang Diperlukan

Tips menabung untuk liburan selanjutnya adalah menabung uang yang diperlukan untuk liburan. Misalnya jika kamu membuat waktu menabung sampai masa deadline adalah selama 12 bulan dengan uang yang dibutuhkan sebesar Rp.5.000.000,- maka tentunya kamu harus menabung sebesar Rp.416.666/bulan. Lakukan hal tersebut secara konsisten, jangan sampai kamu menunda atau melewatkan kredit yang harus kamu tabung tersebut. Ingat, yang terpenting dalam hal ini adalah konsisten menabung.

Jika kamu merasa biaya untuk menabung tersebut sangat tinggi maka kamu bisa membuat tenor deadline lebih lama lagi misalnya 18 bulan atau bahkan lebih sampai cicilan per bulan terasa ringan atau bahkan kamu bisa mengubah destinasi wisata kamu ke tempat yang jauh lebih murah.

Sedikit tips dalam menabung untuk liburan. Jika kamu hanya menabung di bank maka uang kamu bisa termakan inflasi dan nilainya akan berkurang. Jika kamu ingin setidaknya uang kamu bisa tetap dan terselamatkan dari nilai inflasi per tahun maka kamu bisa mencoba untuk menabung di Saham, Reksadana, atau P2P. Sehingga uang tabungan kamu akan berbunga dan tentunya akan menambah uang jajan kamu ketika liburan nantinya. Untuk amannya kamu bisa mencoba Reksadana Pasar Uang nantinya agar tabungan kamu lebih aman dan bisa mendapatkan return per tahun 6-10%.

3. Konsisten Dalam Menabung

Salah satu sikap penting agar dapat menabung untuk liburan adalah sikap konsisten. Sikap ini harus diterapkan secara displin dan tentunya kaku. Kamu harus terbiasa dengan hal tersebut dan mulai menerapkan sikap konsisten ini. Jika kamu baru dalam menabung untuk liburan biasanya akan sangat susah sekali untuk menerpakan hal ini.

Untuk mengatasi hal tersebut kamu bisa mencoba untuk memasukan uang kamu langsung ke Rekening Dana Nasabah atau Rekening biasa yang kamu punya sehingga kamu tidak akan cepat menggunakan uang tabungan tersebut dan berhasil untuk menabung untuk liburan.

Selain dalam konsisten untuk menabung supaya bisa liburan, kamu juga harus konsisten dalam memilih tempat yang sudah ada. Jangan sampai kamu plin-plan dan memilih tempat yang berbeda untuk liburan sebab beda tempat jelas beda biaya yang dibutuhkan.

4. Cari Tahu Lebih Tentang Destinasi Wisata Yang Akan Dikunjungi

Tips menabung untuk liburan yang ke-empat adalah mencari informasi lebih mengenai destinasi wisata yang akan dikunjungi. Salah satu hal penting dari mencari informasi ini adalah menambah motivasi kamu agar dapat menabung untuk liburan dan kamu dapat lebih terdorong untuk pergi ketempat yang sudah kamu tetapkan tersebut.

Selain dari memotivasi kamu dalam menabung, mencari informasi tentang destinasi wisata tersebut juga akan memberi kamu informasi lebih tentang tempat dan sifat-sifat warga dari tempat wisata yang akan kamu kunjungi sehingga kamu akan lebih mudah untuk dapat bersosialisasi dengan warga setempat dan melaraskan pemikiran yang ada.

Simak Juga Artikel Mengenai “Tips Menabung – Serbabisnis.com”

5. Ajak Rekan Lainnya

Salah satu hal yang bisa kamu lakukan untuk menabung lebih cepat dan mendapatkan harga yang lebih murah adalah mengajak beberapa rekan untuk liburan juga. Jika kamu dalam sebuah kelompok untuk pergi berliburan biasanya ongkos untuk transportasi dan tempat tinggal akan jauh lebih murah dan jelas ini akan sangat menguntungkan kamu dalam berliburan.

Kamu juga bisa mengajak beberapa saudara, keluarga, atau orang lainnya agar kamu bisa mendapatkan harga terbaik.

Itulah beberapa tips menabung untuk liburan, semoga dengan tips tersebut kamu dapat menabung untuk liburan kamu dan kamu bisa cepat ke tempat yang kamu inginkan. Jika kamu ingin tanya-tanya tentang menabung atau hal lainnya maka kamu bisa bertanya-tanya di kolom komentar. – Tips Menabung Untuk Liburan

Source image: Pixabay.com

Teddy Juwandi

Penulis dan sekaligus juga owner di Serbabisnis.com
Berharap akan membantu orang-orang yang ingin berbisnis dan juga menyelesaikan masalah keuangan.

Add comment