Serbabisnis.com
Kisah Sukses Warren Buffett

Warren Buffett, Investor Sukses Asal Ohama

Pada kesempatan kali ini Serbabisnis.com akan menceritakan tentang perjalan sukses Warren Buffet yang menjadi seorang investor dan bagaimana ia menjalani hidupnya sebagai seorang investor sukses. Warren Buffet adalah seorang tokoh yang sangat terkenal dalam bidang investasi salah satunya adalah pasar modal. Ia dikenal sebagai seorang investor dan pengusaha terbaik yang ada. Kekayaan Warren Buffet saat ini hampi mencapai IDR 1.000 triliun, luar biasa bukan? tentunya dalam mencapai kekayaan tersebut banyak perjuangan dan pengorbanan yang harus ia lakukan.

Perjalanan Warren Buffet

Warren Buffet terkenal dari peusahaan Berkshire Hathway. Perusahaan tersebut dulunya bergerak dalam bidang tekstil (sebelum Buffet yang memimpin perusahaan tersebut) dan selanjutnya menambah jerjaring bisnis saat berahli di bawah kepemimpinan Buffet.

Sebelum berganti menjadi milik Warren Buffet, ia sebenarnya hanya membeli saham Berkshire Hathway dengan harapan perusahaan tersebut dapat memberikan kinerja yang maksimal dan mendapatkan keuntungan dari investasi tersebut. Namun harapan Warren sepertinya tidak terwujud dan malah terjadi penurunan nilai saham akibat krisis keuangan dan hal tersebut membuat Warren Buffet untuk berpikir kembali agar menjual atau menahan saham tersebut. Ternyara Warren Buffet membeli jumlah saham lebih banyak dan memimpin Berkshire Hathway.

Bisnis yang dikelola oleh Warren Buffet tidak lagi menjadi sebuah bisnis yang bergerak dalam bidang tekstil. Saat ini Berkshire Hathway membuka jaringan bisnis yang sangat luas mulai dari perusahaan ritel, perabot rumah, gula, gas, maskapai, dan banyak lagi lainnya. Tentu saja semua bisnis yang dikembangkan tersebut tidak dengan gampang dibuat dan diperoleh, semuanya juga bergantung pada peran dan kunci utama dari tim yang dibangun oleh Warren Buffet.

Saat ini Berkshire Hathway memilik hampir 400.000 pegawai dengan keuntungan per tahun lebih kurang USD 25 Miliar. Selanjutnya harga saham per lembar Berkshire Hathway saat ini berada di angka USD 310.815 (15/8/2018). Pada saat Berkshire Hathway dibeli oleh Warren Buffet harga saham per lembar saat itu adalah USD 8 per lembar pada tahun 1965. Kamu tentunya bisa menghitung berapa peningkatan yang sudah terjadi dari USD 8 ke USD 310.815.

Sikap dan Strategi

Warren Buffet dengan kekayaannya tersebut bisa dilihat tidaklah terlalu sombong dan bersifat rendah hati. Pada tahun 2006 ia menyumbangkan 10 juta sahamnya kepada Gates Foundation. Ia juga sering berpergian ke belahan dunia lainnya dengan sangat sederhana. Menurutnya ia sudah cukup puas dengan kondisinya saat ini dan tentunya sikap hidupnya dapat kita teladani sebagai seorang yang bekerja keras dan rendah hati.

Salah satu strategi yang diterapkan oleh Warren Buffet adalah membeli saham dalam jangka panjang. Saham yang ia pegang rata-rata ditahan sampai sekarang dan ia hanya fokus untuk menambah lembaran saham agar ia dapat berinvestasi dalam jangka panjang dengan aset yang lebih banyak. Salah satu hal yang bisa kita dapatkan dari Warren Buffet adalah ia berinvestasi untuk masa depannya bukan untuk masa sekarang.

Source Image: https://twitter.com/warrenbuffett

Teddy Juwandi

Penulis dan sekaligus juga owner di Serbabisnis.com
Berharap akan membantu orang-orang yang ingin berbisnis dan juga menyelesaikan masalah keuangan.

Add comment